Kelurahan Kalampangan Giat Gotong Royong dan Pembagian Bubuk Abate

Kontribusi dari Iin Carolina, 29 November 2018 11:03, Dibaca 51 kali.


MMCKalteng - Warga kelurahan kalampangan, Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya terus mengoptimalkan gotong royong membersihkan lingkungan, hal tersebut dilakukan bukanlah tanpa sebab mengingat kelurahan itu ditemukan sejumlah kasus demam berdarah dengue (DBD).

"Ya, ada 4 warga kelurahan kalampangan yang terpapar DBD bahkan ada yang terkena wabah ini  satu keluarga atau saru rumah, kami sudah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya untuk melakukan fogging terutama di rumah warga yang sudah endemik DBD," ungkap Lurah Kalampangan, Hadi Suwandoyo, Rabu (28/11/2018).

(Baca Juga : Pemeriksaan (LHP) Dari BPK RI Provinsi)

Kata Hadi, pengasapan atau fogging tidak dilakukan menyeluruh di lingkungan warga yang ada di kalampangan, namun hanya sebatas pada rumah warga yang sudah kena wabah DBD berdasarkan observasi dari pihak Kesehatan.

"Fogging bukanlah jalan satu-satunya untuk mencegah DBD, karena tetap ada efek sampingnya, yang lebih penting adalah bagaimana warga memiliki kesadaran menjaga kebersihan lingkungan. Gotong royong inilah yang terus kami galakkan ," ujarnya.

Upaya memaksimalkan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan ini, kata Hadi. Juga sejalan dengan instruksi Walikota Palangka Raya yang meminta di lingkungan Kecamatan dan kelurahan untuk melakukan pencegahan bersama warga.

"Bersama warga di lingkungan RT/RW yang ada kami melakukan pencegahan DBD melalui gotong royong terutama pada daerah yang rawan menyebar jentik jentik nyamuk pembawa virus yang mematikan tersebut," tambahnya lagi.

Selain gotong royong pihaknya yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan maupun Rumah sakit untuk melakukan sosialisasi terhadap bahaya DBD dan mengakak masyarakat untuk terus membersihkan lingkungan dan membagikan serbuk Abate yang telah disediakan oleh Dinas Kesehatan untuk mencegah penyebaran DBD," pungkasnya

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook