SMA Negeri 1 Palangka Raya Laksanakan Simulasi PAS

Kontribusi dari Rikah Mustika, 03 Desember 2021 21:48, Dibaca 1,388 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Siswa SMA Negeri 1 Palangka Raya mengikuti simulasi Penilaian Akhir Semester (PAS) gasal tahun pelajaran 2021/2022 secara luring menggunakan aplikasi Computer Based Test (CBT), Jumat (3/12/2021). Simulasi ini sebagai persiapan untuk mengikuti PAS yang akan dilaksanakan mulai tanggal 8-24 Desember 2021.

Pelaksanaan kegiatan simulasi PAS dilaksanakan dalam dua sesi, yakni sesi pagi dan siang. Setiap sesi diikuti oleh 50% siswa dari keseluruhan jumlah siswa pada setiap kelasnya. Pembatasan jumlah siswa yang hadir dalam setiap sesi dilakukan dalam rangka penerapan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya, H. Arbusin di ruang kerjanya.

(Baca Juga : Optimasikan Lahan Rawa di Kalteng, Kadis TPHP Gandeng Aster Kodam Tanjungpura)


“Hari ini seluruh siswa SMA Negeri 1 Palangka Raya mengikuti kegiatan simulasi Penilaian Akhir Semester (PAS). Simulasi dilaksanakan dalam dua sesi yakni sesi pagi dan sesi siang. Adapun maksud dilaksanakan simulasi ini adalah untuk persiapan pelaksanaan PAS gasal yang akan dilaksanakan pada tanggal 8-24 Desember 2021. Dari kegiatan simulasi, pihak sekolah akan melakukan evaluasi secara menyeluruh. Dengan demikian diharapkan ketika pelaksanaan PAS nanti, semuanya dapat berlangsung dengan aman, tertib dan lancar,” kata Arbusin.

Kepala sekolah ini juga menyampaikan untuk mengikuti simulasi ataupun ulangan, orang tua siswa diharapkan menyiapkan gawai untuk anak mereka. Gawai yang dimaksud adalah yang memenuhi syarat dalam mengakses aplikasi CBT. Bila belum mampu, maka dipersilakan melapor ke pihak sekolah. Sekolah akan menyediakan atau meminjamkan tablet kepada para siswa tersebut.


Di tempat terpisah, ketua panitia PAS, Edral Gandi menyampaikan bahwa PAS gasal tahun pelajaran 2021/2022 menggunakan aplikasi Computer Based Test (CBT) semi daring. Untuk itulah maka dilaksanakan simulasi. Sebelum simulasi, pihaknya sudah melakukan penyegaran atau pembekalan bagi para proktor ruang. Hal ini dilakukan mengingat peran para proktor ini sangat besar dalam memandu para siswa mengikuti ulangan (PAS).

“Untuk persiapan simulasi dan ulangan (PAS) tahun ini, para proktor sudah mengikuti pembekalan atau penyegaran. Kita harapkan para proktor ini semuanya terampil dalam melaksanakan tugas,” katanya.

Edral Gandi juga menyampaikan bahwa pelaksanaan simulasi dan ulangan (PAS) di SMA Negeri 1 Palangka Raya akan diikuti oleh kurang lebih 1.300 siswa. Para siswa tersebut berada di 36 ruang kelas. Setiap ruang kelas akan disediakan 1 buah server dan 1 orang proktor. Selanjutnya, siswa mengakses soal-soal yang ada di server dengan menggunakan jaringan wifi dari access point.

Pada bagian akhir keterangannya, Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum ini menerangkan bahwa pelaksanaan simulasi PAS tahun ini sudah berlangsung dengan baik. Kalaupun ada kendala, sifatnya masih dalam batas kewajaran dan sudah mampu diatasi dengan baik oleh para teknisi. Keberhasilan ini tentunya berkat dukungan dari semua pihak. Mudah-mudahan ketika pelaksanaan PAS nanti semua agenda dapat terlaksana dengan aman, tertib dan lancar. (Humas SMANSA-Anw)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook