Kadis Kominfosantik Gumas: Data yang Akurat adalah Kekayaan Baru yang Sangat Berharga Saat Ini

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 01 Desember 2021 13:17, Dibaca 10 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Dinas Komunikasi, Informatika Persandian dan Statistik (Kominfosantik) Kabupaten Gunung Mas melalui Bidang Statistik melaksanakan Acara Pelatihan Administrator Aplikasi Sidat (Sistem Informasi Data Statistik Sektoral) Kabupaten Gunung Mas Tahun 2021.

“Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, data yang akurat adalah kekayaan baru yang sangat berharga saat ini, bahkan nilainya bisa lebih berharga daripada minyak,” ucap Kepala Dinas Kominfosantik Ruby Haris saat membuka kegiatan di aula Bappedalitbang, Rabu (1/12/2021).

(Baca Juga : Pameran Dan Pesta Rakyat Di Pulang Pisau Ditunda Akhir September)


Data tersebut adalah jenis kekayaan baru. Saat ini data adalah new oil, bahkan lebih berharga dari minyak. Data yang valid menjadi salah satu kunci pembangunan. Data yang valid sangat dibutuhkan untuk menyusun perencanaan, anggaran, kemudian membuat kebijakan hingga mengeksekusi kebijakan tersebut untuk hasil yang efektif.

Oleh karena itu, lanjut dia, perencanaan dan keputusan penting tidak boleh diambil hanya berdasarkan asumsi atau perasaan semata, akan tetapi atas dasar data yang akurat.

“Dengan lahirnya Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, yang mengamanatkan penanganan urusan statistik menjadi urusan baru terkait statistik sektoral yang wajib ditangani oleh pemerintah daerah,” ujarnya.

Peranan statistik sektoral akan menjadi sangat penting, mengingat peranan data ini nantinya akan menjadi basis informasi dalam rangka penyusunan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembangunan. Ketersediaan data statistik sektoral sangatlah dibutuhkan dalam memberikan informasi bagi perencanaan pembangunan maupun evaluasi atas pelaksanaan pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Dia menuturkan, statistik sektoral adalah kegiatan statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu (perangkat daerah) dalam rangka penyelenggaraan tugas - tugas pemerintahan dan pembangunan yang merupakan tugas dan fungsi pemerintah daerah yang bersangkutan. Untuk itu, data statistik sektoral sangat diperlukan oleh perangkat daerah terutama untuk membuat keputusan, baik dalam perencanaan maupun evaluasi kegiatan-kegiatan perangkat daerah. Namun pada kenyataannya, sering kali data yang dimiliki perangkat daerah tidak tersimpan dengan baik, bahkan kadang sering kali hilang akibat kerusakan perangkat komputer ataupun karena terbawa oknum saat pindah tempat tugas.

Selain itu, untuk mengatasi hilangnya data baik karena human error ataupun karena kerusakan atau hilangnya perangkat, maka aplikasi Sidat hadir. Selain sebagai tempat mengumpulkan data sektoral dari masing-masing perangkat daerah, aplikasi Sidat ini juga dapat dijadikan sebagai tempat mempublikasikan data-data sektoral perangkat daerah.


Dia menambahkan, acara pelatihan administrator aplikasi Sidat ini bertujuan untuk melatih administrator agar mampu memanfaatkan dengan baik aplikasi Sidat yang telah dikembangkan ini, sehingga memudahkan perangkat daerah untuk membuat dan menyimpan database serta mempublikasikannya.

“Saya berharap Bapak/Ibu peserta pelatihan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dengan baik dan bisa menjadi administrator aplikasi Sidat di masing-masing perangkat daerah,” imbuhnya.

“Sedangkan narasumber dari CV. Panatau Solusindo, Herkules dan Yanfriskan Toni,” pungkasnya. (Iswanto / Foto: Iswanto/edt: rkh) 

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook