SAHLI Gubernur KSDM : Transformasi Digital Harus Disikapi Dengan Serius

Kontribusi dari Widia Natalia, 23 November 2021 14:35, Dibaca 9 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Herson Barthel Aden menghadiri secara langsung kegiatan Literasi Digital Netizen Fair (LDNF), bertempat di Ballroom M Bahalap Hotel Palangka Raya, Selasa (23/11/2021).


Acara ini dibuka secara virtual oleh Menteri Kominfo RI Johnny Gerard Plate. Dalam sambutannya, Johnny Gerard Plate menyampaikan pembatasan-pembatasan mobilitas fisik maupun sosial yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 mendorong kita semua untuk berkomunikasi, beraktivitas dan berinteraksi di ranah digital. Ruang digital memiliki sisi positif dan sisi negatif sehingga dengan kemudahan interaksi dan komunikasi yang ditawarkan oleh ruang digital sisi gelap internet seperti hubungan digital, penyebaran berita bohong hingga konten radikal terorisme juga turut mengintai.

(Baca Juga : Buka Rakor PPID Prov. Kalteng, Asisten Adum Sri Suwanto Harapkan Komitmen Bersama...)

“Dengan demikian catatan dan peningkatan kompetensi melalui literasi digital, bukan saja suatu kebutuhan namun juga keharusan untuk menciptakan ruang digital yang aman, nyaman, bersih, positif dan konkrit. Untuk memastikan pemanfaatan ruang digital yang terang, optimal, Kemkominfo telah menginisiasi program literasi digital yang nasional Indonesia Makin Cakap Digital yang menyasar bagi 57 Juta masyarakat di 514 Kabupaten/ Kota di 34 Provinsi se-Indonesia hingga Tahun 2024 mendatang”, tandas Johnny.

Sementara itu, Herson Barthel Aden mengawali sambutannya mengapresiasi yang setingi-tingginya, atas kegiatan LDNF Tahun 2021 yang di inisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang bekerjasama dengan Pemprov. Kalteng, melalui Diskominfosantik Prov. Kalteng dan Diskominfo Kota Palangka Raya.

Herson Barthel Aden saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan perkembangan teknologi ke arah serba digital saat ini semakin pesat. Teknologi menjadi alat yang mampu membantu sebagian besar kebutuhan manusia. Teknologi juga telah dapat digunakan oleh manusia untuk mempermudah melakukan apapun tugas dan pekerjaannya. Peran penting teknologi inilah yang membawa peradaban manusia memasuki transformasi digital.

Herson mengatakan transformasi digital bisa membawa berbagai perubahan yang baik sebagai dampak positif, namun dalam waktu yang bersamaan, transformasi digital juga membawa banyak dampak negatif, sehingga menjadi tantangan baru dalam kehidupan manusia di era digital saat ini.

“Tantangan inilah yang menjadi peluang dalam memaksimalkan perkembangan teknologi pada era tranformasi digital”, tutur Herson.

Lebih lanjut Herson menyampaikan, transformasi digital harus disikapi dengan serius, sehingga dapat membawa manfaat yang positif bagi kehidupan. salah satu upaya dalam mendukung percepatan transformasi digital adalah penyiapan sumber daya manusia (SDM) di bidang digital salah satunya dengan literasi digital.

SAHLI Gubernur KSDM berharap melalui kegiatan literasi digital ini, diharapkan dapat membangun kesadaran dan pengetahuan tentang teknologi digital baru, mempercepat serta mengembangkan dan meningkatkan ketrampilan masyarakat indonesia khususnya masyarakat Kalteng di dunia digital.

Kegiatan ini dihadiri langsung narasumber dari partner Kemkominfo serta para Mahasiswa dan Pelajar.(wdy/foto:rkh)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook