Koordinasi dan Supervisi Penerima Bantuan Kapal 5 GT di Kabupaten Kotawaringin Timur

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 21 Oktober 2021 17:06, Dibaca 281 kali.


MMCKalteng – Kotawaringin Timur – Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap H. Arief Rakhman F melakukan koordinasi dan supervisi ke Kabupaten Kotawaringin Timur dalam rangka penerimaan bantuan kapal 5 GT, Kamis (21/10/2021). Penyediaan prasarana usaha perikanan tangkap merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mendukung usaha penangkapan ikan, sehingga meningkatkan nilai produksi perikanan tangkap.


Pengadaan kapal penangkap ikan ukuran 5 GT sebanyak 5 unit diperuntukkan bagi kelompok nelayan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Seruyan. Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Dislutkan Prov. Kalteng melalui Bidang Perikanan Tangkap melaksanakan koordinasi dengan Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur. Pemantauan langsung dilakukan ke galangan kapal di Desa Bagandung, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur dalam rangka mengevaluasi kemajuan proses pengadaan kapal perikanan. Pelaksanaan kontraktual pengadaan kapal perikanan ukuran 5 GT ini akan berakhir pada bulan Desember 2021, dan kemudian akan dilakukan serah terima kepada kelompok nelayan penerima bantuan.

(Baca Juga : Perwakilan Siswa SMA Negeri 1 Palangka Raya Ikuti Focus Group Discussion (FGD))


Persyaratan untuk mendapatkan bantuan ini adalah kelompok nelayan perikanan tangkap yang berbadan hukum dan mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, yang telah mengajukan proposal kepada Dislutkan Provinsi. Dislutkan Prov. Kalteng berharap kabupaten yang lain bisa mendapatkan bantuan ini dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku berpedoman pada Permendagri RI No. 14 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Permendagri RI No. 32 tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Selain melakukan koordinasi mengenai kapal bantuan 5 GT, Arief Rakhman F juga menyampaikan rencana tindak lanjut Kadislutkan Prov. Kalteng dengan Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur terkait Kawasan Ekonomi Terpadu. Disebutkan bahwa bidang perikanan tangkap memiliki rencana pembangunan Solar Pack Dealer Nelayan (SPDN) di kawasan tersebut. (JH/Ufs/Foto: AS)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook