Gubernur Apresiasi Capaian Pemkab Kotawaringin Barat

Kontribusi dari Widia Natalia, 04 Oktober 2021 15:22, Dibaca 12 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Pj. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin menghadiri Peringatan Hari Jadi ke-62 Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2021. Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kotawaringin Barat ini dihadiri secara virtual dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (04/10/2021).


Bupati Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah bertindak selaku Inspektur Upacara. Hari Jadi Kabupaten Kotawaringin Barat kali ini mengusung Tema “Membangun bersama Kotawaringin Barat Jaya”.

(Baca Juga : Surat Edaran Gubernur Kalteng terkait Ketentuan Khusus Perjalanan Orang Masuk Wilayah Prov. Kalteng dalam Masa Pandemi Covid-19)

Hj. Nurhidayah saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran memberikan apresiasi atas prestasi dan capaian yang diraih Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat. Prestasi tersebut antara lain keberhasilan memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI selama 8 tahun berturut-turut, meraih predikat “B” dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Kementerian PAN RB, meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak dan pencanangan Kabupaten Kotawaringin Barat Bebas Pungli. Raihan ini menunjukkan komitmen kuat dari jajaran Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat untuk mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang baik, bersih, transparan, dan akuntabel.

Disamping itu, Kotawaringin Barat juga berhasil meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup 12 kali berturut – turut, yang menggambarkan semangat Pemerintah Kabupaten dan seluruh masyarakat Kotawaringin Barat untuk menjaga kebersihan dan merawat  lingkungan.

“Semoga penghargaan Adipura yang selama ini diraih Kabupaten Kotawaringin Barat terus bisa dipertahankan”, ucap Nurhidayah.

Lebih lanjut, Nurhidayah menyampaikan ditengah pandemi Covid-19, sejumlah indikator makro pembangunan tahun 2020 tetap memperlihatkan capaian baik, diantaranya Pertumbuhan Ekonomi sebesar 0,98, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 72,87, Persentase Penduduk Miskin di angka 3,59, dan Indeks Pembangunan Gender (IPG) sebesar 91,67. Selain itu, Kabupaten Kotawaringin Barat juga mendapatkan penghargaan Peringkat III Nasional Kabupaten dengan tingkat ekspor pertanian  tertinggi.

“Penghargaan ini harus dijadikan motivasi untuk lebih mendorong pembangunan, khususnya 3 sektor skala Prioritas Pembangunan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat, yaitu, Pembangunan penguatan di sektor Pariwisata, Pertanian dalam arti luas, dan Peningkatan Infrastruktur”, pungkas Nurhidayah.

Melalui Peringatan Hari Jadi ke-62 tahun ini, diharapkan sebagai momentum untuk lebih memperkuat persatuan dan semangat kebersamaan untuk mengakselerasi pembangunan Kotawaringin Barat agar makin maju, mandiri, dan sejahtera, dalam rangka mewujudkan Kalteng Makin Berkah.(wdy/foto:Doni)

 

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook