Pemprov Kalteng Ikuti Rakor Integrasi Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil

Kontribusi dari Rikah Mustika, 09 September 2021 11:39, Dibaca 114 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Pj. Sekda Kalteng H. Nuryakin mengikuti Rapat Koordinasi Integrasi Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) secara virtual dari Ruang Rapat Bajakah 2 Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (9/9/2021). Rapat yang dipimpin oleh Wakil Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) Muhamaad Isro ini juga dihadiri oleh Direktur Perencanaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Suharyanto, Direktur Pembinaan Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah II ATR/BPN Eko Budi Kurniawan dan Kepala Pusat Pemetaan dan Lingkungan Pantai Badan Informasi Geospasial (BIG) Yosep Dwi Sigit Purnomo.

Muhammad Isro mengatakan, sesuai dengan amanat Undang-Undang Cipta Kerja sudah tidak ada lagi terpisah antara Perda RZWP3K dengan Perda RTRWP, namun sudah bergabung menjadi satu dalam Perda RTRWP. Ia juga menyebutkan bahwa 5 Provinsi (Riau, Papua, Kalteng, Kaltim, dan Sulbar) merupakan wilayah-wilayah yang masuk dalam percepatan kebijakan wilayah satu peta untuk Program Strategi Nasional Pencegahan Korupsi.

(Baca Juga : Dibuka Sejak 13 Agustus, Rumah Oksigen RSUD dr. Doris Sylvanus Layani Puluhan Masyarakat Pengguna Layanan)


“Strategi Nasional Pencegahan Korupsi ini setiap dua tahun mengamanatkan adanya aksi pencegahan korupsi. Dan sejak tahun 2019 sudah ada aksinya, dan saat ini di aksi 2021-2022 ada 12 aksi, yang salah satunya adalah kaitan dengan kepastian dan percepatan perizinan SDA melalui kebijakan satu peta. Terkait dengan RZWP3K dan RTRWP menjadi salah satu output,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Pj. Sekda Kalteng menyampaikan bahwa saat ini Pemprov. Kalteng sudah membentuk tim satu peta, yang saat ini terus bekerja berkaitan dengan reviu revisi RTRWP, reviu RZWP3K, dan menyiapkan materi-materi teknis lainnya.

“Dan kemarin tanggal 6 Sptember 2021 telah melakukan zoom meeting dengan pemangku kepentingan, difasilitasi juga oleh KKP dan sudah mendapat pencerahan dari Pak Krisna, Untuk percepatan, kami sudah mengkoordinasikan dengan DPRD Prov. Kalteng, sudah dimasukkan dalam prolegda DPR,” tutupnya.

Turut mendampingi Pj. Sekda Kalteng, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng H. Darliansjah dan Kepala Bappedalitbang Yuren S Bahat. (Rkh / Foto: Biro Adpim)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook