PAUD Berkualitas Jadi Investasi Penting Bagi Setiap Bangsa Indonesia

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 01 September 2021 12:50, Dibaca 177 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang sangat fundamental bagi penentu kualitas hidup manusia di masa selanjutnya.

“Jadi, PAUD meletakkan dasar-dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan bagi anak untuk bekal di masa depannya. Jika PAUD tidak berjalan dengan baik, maka bisa berdampak pada perkembangan yang tidak diinginkan,” ucap Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Esra saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas PAUD di Aula Hotel Zefanya, Rabu (1/9/2021) pagi.

(Baca Juga : Fairid Ajak Pihak Swasta Berinvestasi di Sektor Pariwisata)

Menurutnya, gerakan PAUD berkualitas menjadi investasi penting bagi setiap bangsa Indonesia agar di masa depan generasi penerus dapat bersaing dengan negara lain. Lingkungan belajar yang berkualitas merupakan salah satu elemen penting dalam kerangka PAUD berkualitas. Secara umum, kualitas lingkungan belajar dapat dibagi menjadi dua yaitu kualitas struktural (terkait dengan ketersediaan sarana prasarana dan pengaturan lingkungan belajar) serta kualitas proses pembelajaran.

“Lingkungan belajar yang berkualitas diharapkan dapat mendorong lahirnya pembelajaran yang bermakna bagi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Lingkungan belajar yang dimaksudkan disini adalah lingkungan belajar secara menyeluruh,” ujar Esra.


Tentu juga kondisi riil saat ini terjadi pada PAUD di Indonesia pada umumnya, dan di Kabupaten Gunung Mas pada anak, keterlibatan keluarga dan masyarakat, kondisi lingkungan yang inklusif, pendekatan bermain dalam belajar, dan kualitas pendidikan dan tenaga kependidikan.

“Oleh karena itu masih banyak satuan PAUD yang belum memahami implementasi kurikulum dengan benar, dan belum mengintegrasikan prinsip bermain dalam kegiatan pembelajaran, serat praktik-praktik lain yang dapat mereduksi layanan PAUD yang berkualitas,” kata Esra.

Dalam satuan PAUD melalui Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD di Kabupaten Gunung Mas yang merupakan kumpulan dari tiga sampai delapan gugus PAUD yang menjadi salah satu wadah bagi PTK untuk berbagai pengalaman dan berbagai praktik, perlu mendapatkan bimbingan teknis yang memadai tentang pengelolaan lingkungan belajar yang berkualitas dan diharapkan dapat mengimbaskan sehingga lebih banyak satuan PAUD memperoleh informasi dan inspirasi dari bimbingan teknis (Bimtek).


“Saya harapkan setiap program yang dijalankan dapat mengantisipasi berbagai hal terkait dengan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini berkualitas di Kabupaten Gunung Mas secara efektif dan signifikan, yang mana salah satu prioritas adalah meningkatkan kualitas lingkungan belajar di satuan PAUD,” harapnya.

Kepala Bidang Pembinaan PAUD yang juga sebagai penanggung jawab kegiatan, Vina Valentina menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah mendukung terwujudnya lingkungan belajar berkualitas pada satuan PAUD serta penguatan peran PKG PAUD. Selain itu, untuk mendorong PKG PAUD berperan dalam mendampingi satuan PAUD agar dapat menyediakan lingkungan belajar berkualitas, serta mendorong Satuan PAUD untuk dapat menyediakan lingkungan belajar yang berkualitas.

Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari dimulai tanggal 1 sampai 2 September 2021. Kegiatan ini diikuti 25 orang peserta, terdiri dari kepala sekolah dan guru dari lembaga Negeri maupun Swasta yang berasal dari PKG yang ada di Kabupaten Gunung Mas.

“Untuk diketahui sebagai narasumber dari tenaga pada kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas PAUD sebanyak 4 orang, masing-masing berasal dari Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas yaitu Bapak Esra, M.Pd, Ibu Dr. Rusnani, M.Pd, dan Ibu Rosalia, S.Sos serta dari BP-PAUD dan DIKMAS Provinsi Kalimantan Tengah Gerianto, S.Pd,” pungkasnya. (Iswanto / Foto: Iswanto)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook