Peran Pustakawan Memajukan Indeks Literasi Masyarakat

Kontribusi dari Dispursip Kalteng, 21 Juli 2021 12:04, Dibaca 10 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan (Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan). Seorang pustakawan dituntut untuk mampu menuangkan ide, inovasi, dan kreativitas dalam sebuah tulisan. Dilansir dari Tempo, salah satu tantangan bagi pustakawan adalah menciptakan perpustakaan dan sosok pustakawan yang menyenangkan namun tetap profesional.

Di era digital, Perpustakaan diharapkan bukan sekedar meningkatkan jumlah pengunjung. Perpustakaan masa kini diharapkan bisa menyediakan akses bagi masyarakat lewat pengembangan aplikasi teknologi informasi. Di sinilah pustakawan harus punya bekal dalam merancang program yang menarik minat masyarakat.

(Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemerintah Larang Mudik Lebaran 2021)

Yeso Hernando, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD-IPI) Kalteng menjelaskan, “Program PD-IPI Prov. Kalteng khusus pengembangan SDM yang segera akan kami laksanakan yaitu bimtek bagi pustakawan tentang penulisan buku dan naskah serta bimtek bagi pengelola Perpustakaan umum Sekolah SLTA dimana semua pelaksanaan diselenggarakan secara daring untuk program 2021," terangnya, Rabu (21/7/2021).

Ia menambahkan, “Untuk menambah wawasan pengurus IPI tahun ini juga melaksanakan kaji banding ke PD-IPI Banjarmasin, Perpustakaan Prov. Kalsel dan Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin,“ ucapnya. 

Berdasarkan data per Juli 2021 dari Pusat Pembinaan Pustakawan Perpustakaan Nasional RI, jumlah pustakawan di seluruh penjuru di Indonesia berjumlah 4.274 orang. Data ini diprediksi akan berubah dalam setiap tahunnya, mengingat akan terus ada penambahan pustakawan di Indonesia.

“Pustakawan penting perannya dalam pengelolaan perpustakaan, ke depan kita harapkan akan lahir banyak inovasi lagi dari tenaga fungsional ini untuk meningkatkan literasi di Kalimantan Tengah,“ ucap Plt. Kadispursip Prov. Kalteng, Luqman Alhakim SP. M.,Si. (Mega Asri Lestari)

Dispursip Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook