Percepatan Program Pembangunan Shrimp Estate Kalteng

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 12 Juli 2021 15:00, Dibaca 326 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Dalam rangka percepatan program sektor Kelautan dan Perikanan Kalteng, khususnya pembangunan tambak udang vaname di Kabupaten Sukamara, Pemprov. Kalteng melaksanakan Rapat Koordinasi dengan leading sektor dan stakeholfer terkait. Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo di Ruang Rapat Bajakah Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Senin (12/7/2021). Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Plt. Sekda, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Kepala Perangkat Daerah terkait, dan Tim Sekretariat Percepatan Pelaksanaan Program Pembangunan Kawasan Tambak Udang Vaname/Shrimp Estate Prov. Kalteng.

Plt. Sekretaris Daerah H. Nuryakin menyampaikan arahan Gubernur Kalteng guna segera melakukan pembangunan tambak udang vaname/shrimp estate seluas 26 ha (5 klaster) di Desa Sei Raja, Kecamatan Jelai Kabupaten Sukamara. Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan H. Darliansjah mengatakan rencana Gubernur untuk melakukan percepatan program shrimp estate untuk segera panen perdana, selanjutnya meminta sinergitas dari Perangkat Daerah mendukung pembangunan tersebut.

(Baca Juga : Peran Aktif Masyarakat Untuk Disiplin Prokes Turut Cegah Penularan Covid-19)

“Untuk demplot atau percontohan tambak udang vaname yang disebut Tambak Klaster Sukamara telah difasilitasi Pemprov dan Pemkab bersama KKP dan BBPBAP Jepara dengan luas klaster 5,2 Ha tersebut telah menjadi percontohan nasional, dimana hanya ada 5 di Indonesia," tambah Darliansjah.


Sebagai tindak lanjut arahan Gubernur, telah dibentuk tim percepatan pelaksanaan program pembangunan Kawasan Klaster tambak udang vaname/shrimp estate Prov. Kalteng untuk segera melaksanakan rencana aksi pembangunan klaster tambak udang vaname di Desa Sei Raja Kecamatan Jelai Sukamara.

Dalam arahannya, Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo menyampaikan awal mula adanya program ini, melihat semangat Gubernur untuk pengembangan food estate, ditambah pula semangat dari petani/petambak udang di kawasan sekitar tambak klaster Sukamara. Melalui Dinas Kelautan dan Perikanan dilaksanakan beberapa program utama pengembangan kelautan dan perikanan yang utamanya ialah shrimp estate.

“Dislutkan sudah membuat desain kawasan ini sudah jauh-jauh hari, perencanaan yang hampir sempurna, kita tinggal aksi saja," jelas Edy.

Rencana aksi dijadwalkan sudah mulai bergerak setelah rapat dilaksanakan, untuk kemudian masing-masing instansi terkait bersama leading sektor Dinas Kelautan dan Perikanan mempertajam kebutuhan-kebutuhan teknis. (ufs/ Foto:Ifd)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook