Wagub Kalteng Buka Kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD 2021-2026

Kontribusi dari Widia Natalia, 12 Juli 2021 10:07, Dibaca 11 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo membuka kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Prov. Kalteng Tahun 2021-2026. Kegiatan ini dihadiri Wagub dari Ruang Rapat Wagub Kalteng, Senin (12/7/2021).


“Tujuan dari pelaksanaan konsultasi publik rancangan awal RPJMD  Prov. Kalteng tahun 2021-2026 ini sebagai salah satu upaya untuk memperoleh masukan penyempurnaan dari seluruh pemangku kepentingan, sehingga pemangku kepentingan dapat terlibat secara langsung dari proses awal penyusunan RPJMD  Prov. Kalteng”, ucap Edy Pratowo saat membacakan Sambutan Gubernur Kalteng.

(Baca Juga : Kalteng Turut Serta Berpartisipasi Ikuti KIMFest 2023)

Wagub mengatakan penyusunan rancangan awal RPJMD merupakan penyempurnaan rancangan teknokratik RPJMD yang telah disusun pada tahun 2020, dengan berpedoman pada visi, misi dan program Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih. Sebagaimana diketahui bahwa tanggal 25 mei 2021 yang lalu telah dilaksanakan pelantikan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dengan masa jabatan 2021-2024. Dengan telah dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Prov. Kalteng, Pemerintah Daerah diwajibkan menyusun dokumen perencanaan 5 tahunan yaitu dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah. Penyusunan rancangan awal RPJMD sebagaimana dimaksud dimulai sejak Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dilantik.

Gubernur H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo telah menetapkan 5 misi yang diharapkan dapat menuntaskan permasalahan yang terjadi di Prov. Kalteng, yaitu mempercepat pembangunan ekonomi yang produktif, kreatif dan berwawasan lingkungan, memperkuat ketahanan daerah dalam mengantisipasi perubahan global, mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik melalui reformasi birokrasi, mempercepat pembangunan sumber daya manusia yang cerdas, sehat dan berdaya saing serta meneguhkan kalteng yang beriman, berbudaya dan berkesetaraan gender.

Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng Yuren S. Bahat dalam laporannya menyampaikan forum konsultasi publik ini merupakan langkah awal dari rangkaian tahapan penyusunan RPJMD Prov. Kalteng Tahun 2021-2026 yang perlu mendapatkan masukan dan saran dari peserta. Dalam proses penyusunan RPJMD Prov. Kalteng Tahun 2021-2026, Pemerintah Provinsi dibantu oleh tenaga ahli Dr. Sutikno, SE., ME dan Titov Chuk’s Mayvani, SE., ME.

Peserta Forum Konsultasi Publik Ini antara lain antara lain Unsur DPRD Prov. Kalteng, Unsur FORKOPIMDA Prov. Kalteng, Staf Ahli dan Asisten Sekda Prov. Kalteng, Kantor Wilayah/Instansi Vertikal/LPNK/Perangkat Daerah Prov. Kalteng, Kepala Badan/Dinas/Unit Satuan Kerja Prov. Kalteng, Bappeda Kabupaten/Kota se-Kalteng, Perusahaan Daerah/BUMD di Prov. Kalteng, Perguruan Tinggi/Perbankan/Akademisi/LSM/Ormas/ Asosiasi dan Profesi/Tokoh Masyarakat/Tokoh Agama yang mengikuti secara virtual dari tempat masing-masing.(wdy/foto:Arya)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook