Maria Cahaya : Menjaga Diri, Menjaga Keluarga dan Lingkungan dari Paparan Covid-19

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 03 Juni 2021 14:29, Dibaca 179 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Penyakit Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) pada saat ini sudah merambah pedalaman Kalimantan. Virus Covid-19 ini menjadi momok yang menakutkan dan dapat menyerang siapapun tanpa pandang bulu. Hal ini menjadi topik pembicaraan masyarakat khususnya masyarakat Kalimantan Tengah, dalam acara Dialog Pagi yang disiarkan secara live dari Studio Televisi Republik Indonesia (TVRI), Kamis (3/6/2021). 

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Prov. Kalteng Maria Cahaya mengatakan, “Pandemi Covid-19 sudah hampir satu tahun lebih masuk di Prov. Kalteng sejak 20 Maret 2020. Jika dilihat dari tren kasus Covid-19 yang terjadi pada saat ini, ada kalanya turun, ada kalanya naik dan ada kalanya datar atau landai. Hal ini disebabkan tergantung kebiasaan dari individu atau masyarakat tergantung dalam taat mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-harinya. Kalau dulu kebiasaan kita kumpul-kumpul keluarga atau teman-teman merupakan suka cita, tetapi begitu masuknya virus Covid-19 ini kumpul-kumpul tadi ada batasannya. Kita harus berada pada satu posisi bisa menjaga diri, menjaga keluarga dan menjaga lingkungan dari paparan Covid-19 ini,” ucapnya. 

(Baca Juga : Bantuan DWP Prov. Kalteng Diterima Sekda Kabupaten Banjar)

"Dalam sosialisasi dan arahan yang disampaikan kepada masyarakat oleh Tim Satgas Covid-19, secara umum masyarakat ada yang dapat menerima dan ada yang tidak, dari peristiwa terjadinya Covid-19 dalam keluarganya memberi pelajaran kepada setiap orang, bahwa Covid-19 ini benar adanya. Selain itu Satgas Covid-19 melibatkan semua unsur dalam PPKM berskala Mikro. Dasarnya mulai dari tingkat bawah RT dan RW di tingkat Desa dan Kelurahan sampai ke pusat, yang di dalamnya adanya suatu kegiatan pencegahan yang di dalamnya adanya sosialisasi. Sosialisasi ini melibatkan seluruh elemen mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, TNI, Polri, akademisi, media masa dan dilakukan secara masif, sehingga masyarakat dapat berpikir bahwa tanggung jawab pribadi menjaga diri, dimulai dari diri sendiri. Kalau mau berubah dapat memulainya dari diri sendiri,“ sambungnya. 

“Covid-19 ini seperti angin yang tidak bisa kita lihat, tetapi memang ada. Sebab dari itu kita harus menjaga diri kita dari paparan Covid-19 tersebut. Selain menjaga diri dari paparan Covid-19, kami juga mengajak masyarakat agar turut dalam pelaksanaan vaksinasi yang pada saat ini sedang berjalan,“ tutupnya. (Hlm.3/6/2021/DewiS/foto / Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook