Pemkab Kobar Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 01 Juni 2021 07:59, Dibaca 154 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat – Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Suyanto menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual, di ruang rapat Setda Kobar, Selasa (1/6/2021). Upacara Virtual Nasional ini dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia dari Istana Kepresidenan Bogor. Walaupun secara virtual, upacara ini dilaksanakan dengan semangat dan khidmat.

Presiden RI Joko Widodo selaku inspektur upacara hadir secara langsung di tempat upacara Istana Bogor, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Gedung MPR RI yang akan membacakan Teks Pancasila, sementara Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dari kediamannya. Sekda Kobar turut mengikuti upacara ini bersama-sama dengan para Asisten, Staf Ahli Bupati, Plt Kaban Kesbangpol serta Pejabat Esellon III pada Badan Kesbangpol Kobar dengan mengenakan pakaian adat khas Kobar.

(Baca Juga : SatPol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas Amankan Muda Mudi di Barak)

"Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, kaum pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh masyarakat untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila, dalam mewujudkan Indonesia yang kita cita-citakan," ujar Presiden RI, Joko Widodo dalam amanatnya.

Sementara itu, Plt Kaban Kesbangpol Kobar melalui Sekretaris Edie Faganti ketika ditemui menyebutkan bahwa hari lahir Pancasila, sebagai dasar negara Republik Indonesia, bisa dijadikan momentum untuk terus menjaga kedaulatan dengan memperkokoh persatuan.

"Hari ini adalah hari lahir Pancasila 1 Juni 2021, harus bisa jadi momentum bagi kita untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan di ke-bhineka-an negara kita, keberagaman di negara kita. Hal ini merupakan tantangan negara yang semakin berat. Kita butuh strategi-strategi untuk menjaga Ideologi Pancasila ini untuk menjadi pemersatu bangsa kita ini," ucap Edie Faganti.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 kali ini berbeda dari tahun-sebelumnya, karena digelar virtual dan mengambil tema "Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh" yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 1 Juni 2021, yang juga ditetapkan sebagai hari libur nasional. (badan kesbangpol kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook