Yayasan BOS Resmikan Suaka Orangutan Pulau Badak Kecil

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 06 November 2018 08:57, Dibaca 304 kali.


MMCKalteng - Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) Nyaru Menteng Palangka Raya meresmikan Suaka Orangutan Pulau Badak Kecil di Desa Pilang, Kabupaten Pulang Pisau, Sinin (5/11/2018).

Acara peresmian ini sekaligus dirangkai dengan pemindahan enam individu orangutan kategori unreleasable. Suaka Orangutan Pulau Badak Kecil ini disiapkan melalui kerjasama antara Yayasan Bos, Pemerintah dan PT Sawit Sumber Mas Sarana ( SSMS) Tbk.

(Baca Juga : Giliran Kecamatan Bataguh Terima 1.000 Paket Sembako Murah)

Pulau Badak Kecil adalah pulau berhutan dengan luas sekitar 104 hektare dari gugusan Pulau Salat Nusa yang total luasnya 2.089 hektare. Pulau ini dikelola Yayasan BOS bersama PT SSMS dengan tujuan menyiapkan lahan pra-pelepasliaran bagi orangutan yang telah lulus sekolah hutan dan lahan suaka bagi aorangutan yang tidak bisa dilepaslestarikan di hutan.

Wilayah ini dinilai memiliki daya dukung ideal dengan vegetasi yang terpelihara baik, terisolasi oleh air sungai sepanjang tahun, tidak teridentifikasi memiliki populasi orangutan liar, dan bisa mendukung kemampuan adaptasi serta sosialisasi bagi orangutan.

Jamartin Sihite, CEO Yayasan BOS mengatakan penggunaan Pulau Badak Kecil ini telah direncakanan sejak 2016. " Kami bahagia melihat mereka akan menikmati kehidupan di Suaka Orangutan Pulau Badak Kecil," ujarnya.

Dia menjelaskan pemanfaatan Pulau Badak Kecil ini bisa menciptakan kesempatan bagi masyarakat sekitar untuk pendagaan transportasi bagi pengadaan buah pakan dan mengelola penginapan yang difasilitasi oleh PT SSMS, bagi staf dan pengunjung yang datang ke suaka dan pulau sekitar Gugusan Pulau Salat Nusa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook