Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah Gelar Pasar Pangan Murah Jelang Idul Fitri

Kontribusi dari DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH, 06 Mei 2021 09:49, Dibaca 266 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) kembali melakukan pasar pangan murah dalam upaya membantu masyarakat menyambut Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 13 Mei 2021. Plt. Kadis Ketahanan Pangan, Lilis Suriani menjelaskan bahwa kegiatan ini secara berkala dilakukan menjelang Hari-hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan difasilitasi oleh Kementerian Pertanian melalui Kegiatan Pasar Mitra Tani/Toko Tani Indonesia Centre (PMT/TTIC) yang dikelola Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng.

Kegiatan pasar pangan murah yang sudah terjadwal dalam menghadapi HBKN bulan puasa dan Idul Fitri yaitu tanggal 9, 10 dan 12 April 2021. Selanjutnya tanggal 3, 4, 5, 8, 10 dan 11 Mei 2021 lokasi di sekitar Kota Palangka Raya khusus yang jauh dari jangkauan pasar seperti di Kelurahan Petuk Katimpun, Kecamatan Bukit Batu, Kereng Bangkirai, Sebangau dan beberapa titik di lingkungan perumahan dalam Kota Palangka Raya yang sulit akses ke pasar umum.

(Baca Juga : Posko Kesehatan Prov. Kalteng dan Penyerahan Bantuan Pemberian Makan Tambahan Untuk Ibu Hamil dan Balita Terdampak Banjir )


"Dalam kegiatan ini kami menyediakan 10 komoditas pangan kebutuhan masyarakat dengan harga yang lebih murah dari pasar," kata Lilis, Kamis (6/5/2021).

Lilis menambahkan, 10 komoditas pangan tersebut antara lain beras segar dengan harga Rp47.500/5 kilogram, beras hibrida Rp55.000/5 kilogram, daging sapi beku dengan harga Rp92.000/kilogram, daging kerbau beku dengan harga Rp80.000/kilogram, daging ayam dengan harga Rp30.000/kilogram, telur ayam dengan harga Rp25.500/kilogram, gula pasir dengan harga Rp12.500/kilogram, bawang putih dengan harga Rp25.000/kilogram, bawang merah dengan harga Rp28.000/kilogram. Sementara, Kepala Bidang Distribusi Pangan, Rihanae menjelaskan, bahkan beras yang saat ini tersedia di acara pangan murah berasal dari kelompok tani Program Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUMP) binaan Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng yang berasal dari 5 kabupaten yaitu Kapuas, Pulang Pisau, Sampit, Pangkalan Bun dan Seruyan.


"Antusias masyarakat sangat baik karena dapat membantu meringankan beban biaya pengeluaran mereka, bahkan kegiatan yang seharusnya mulai pukul 07.00 hingga 14.00 WIB sudah harus ditutup sampai pukul 12.00 WIB karena bahan pangan sudah ludes diserbu warga," tambahnya. 

Diluar jadwal berkeliling di kegiatan tersebut, PMT/TTIC buka setiap hari Senin – Jumat mulai pukul 08.00 – 15.30 Wib beralamat di Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng Jl. Willem AS No. 09, Palangka Raya. (RHN/Photo:RHN)

DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook