Antisipasi Karhutla Saat Masih Berpotensi Hujan

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 26 April 2021 00:00, Dibaca 117 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Meski saat ini memasuki musim kemarau, dan terjadinya kebakaran lahan di beberapa titik hostpot berdasarkan update satelit TERA-AQUA-NOAA20-SNPP untuk wilayah Kalimantan Tengah, tanggal 24 April 2021 jam 00.00-16.00 wib terpantau 35 titik dan dilakukan Penanganan Pemadaman Karhutla. Berdasarkan Prakiraan - BMKG Palangka Raya, Update Peringatan Dini Cuaca Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) pada tanggal 26 April 2021 pukul 03.50 WIB masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat di Kabupaten Kapuas (Kapuas Barat, Kapuas Murung, Mantangai, Timpah Bagian Selatan), Kabupaten Barito Utara (Lahei, Teweh Baru), Kabupaten Barito Selatan (Dusun Hilir, Dusun Selatan Bagian Selatan, Karau Kuala), Kabupaten Barito Timur (Paju Epat), dan sekitarnya.

Hujan juga meluas ke Kabupaten Kapuas (Pulau Petak), Kabupaten Barito Utara (Gunung Timang, Lahei Barat, Teweh Selatan, Teweh Tengah Bagian Timur), Kabupaten Barito Selatan (Jenamas), Kabupaten Barito Timur (Benua Lima, Dusun Timur), dan sekitarnya. Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Prov. Kalteng, Kibue mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan, terlebih kondisi saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau.

(Baca Juga : Distribusi Vaksin Tahap 1 Termin Kedua Provinsi Kalimantan Tengah)

"Kami sampaikan juga agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi-potensi yang dapat menimbulkan kebakaran lahan sekitar, walau Cuaca Provinsi Kalimantan Tengah masih berpotensi terjadi hujan," jelasnya, Senin (26/4/2021).

Kibue juga mengatakan, agar Karhutla ini dapat disosialisasikan kepada seluruh masyarakat yang berada di kota dan Kabupaten untuk mencegah, menanggulangi dan mengurangi akan terjadinya kebakaran hutan atau lahan. “Jaga wilayah kita, hindarkan dari kebakaran hutan. Mari bersama memberikan arahan dan pengertian untuk tidak membakar lahan baik untuk pertanian atau lainnya," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi Pencegahan Noor Aswad menambahkan, “Dalam upaya pencegahan karhutla, semua peralatan dan perlengkapan pemadam kebakaran baik mesin, selang, saffety personel pemadam kebakaran dan operasional lainnya dipastikan semuanya berfungsi. Selain peralatan siap pakai, personel juga siap bergerak bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran," tuturnya.

"BPBPK  Provinsi Kalimantan Tengah terus berupaya dan berusaha untuk meminimalisir munculnya titik panas (hotspot), harapan kami di tahun ini untuk pencegahannya lebih sedini mungkin, mengingat pada tahun-tahun sebelumnya terjadi kebakaran besar­-besaran di wilayah Kalimantan Tengah. Kita lebih tingkatkan koordinasi pada dinas terkait untuk upaya pencegahan karhutla," tutupnya. (Pky.26/4/2021/ DewiS & MAW &Abl/foto/Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook