Karhutla di Wilayah Kalteng Akan Terus Bertambah Jika Rendahnya Kesadaran Masyarakat

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 24 April 2021 13:56, Dibaca 235 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sebagai upaya dalam pencegahan dan penanganan dini terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) memantau titik hotspot dari citra satelit Satelit Terra, Aqua dan SNPP yang dapat dipercaya keakuratannya antara Low ≤29%, Medium 30% C(%)≤ 79% dan High C% ≥ 80%.

Kepala Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Prov. Kalteng, Kibue menjelaskan, “Sampai dengan tanggal 23 April 2021 kemarin, data luas kebakaran yang terjadi di Kabupaten dan Kota Prov. Kalteng terjadi di Kabupaten Barito Utara mencapai luas 1,99ha, Kabupaten Katingan mencapai luas 11,2ha, Kabupaten Kotawaringan Barat mencapai luas 74,65ha, Kabupaten Kotawaringan Timur mencapai luas 8,5ha, dan Kabupaten Lamandau mencapai luas 8,59ha," ucapnya, Sabtu (24/4/2021).

(Baca Juga : Kunjungan Kerja Terbatas Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tapin)

“Sedangkan yang terjadi di Kabupaten Murung Raya mencapai luas 1,7ha, Kota Palangka Raya mencapai luas 39,23ha, Kabupaten Pulang Pisau mencapai luas 5ha, Kabupaten Seruyan mencapai luas 1ha dan Kabupaten Sukamara mencapai luas 40ha dengan total secara keseluruhan mencapai 181,95ha," sambungnya.

“Data ini akan terus bertambah jika kesadaran dari pemilik lahan rendah dan secara terus menerus melakukan pembersihan lahan masih dengan cara dibakar," tutupnya. (Pky.24/4/2021/DewiS & MAW &Abl/foto/Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook