Gubernur Kalteng Sampaikan Usulan Pembangunan Pelabuhan Utama Kepada Menko Marves

Kontribusi dari Widia Natalia, 06 April 2021 17:37, Dibaca 65 kali.


MMCKalteng – Kapuas – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menyampaikan dalam rangka meningkatkan akselerasi perekonomian dan mendukung Program Food Estate di Kalteng, sampai dengan saat ini, Kalteng belum memiliki Pelabuhan Utama sehingga pengangkutan hasil produksi food estate saat ini melalui pelabuhan bahaur yang merupakan pelabuhan ASDP penyeberangan. Hal ini disampaikan Gubernur H. Sugianto Sabran dalam sambutannya usai melakukan peninjauan kawasan food estate sekaligus melihat langsung kegiatan tanam padi di Blok A5 Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Selasa (6/4/2021).

H. Sugianto Sabran melaporkan, berdasarkan Rencana Induk Pelabuhan Nasional (RIPN), Kalteng saat ini telah memiliki 6 Pelabuhan Pengumpul, 2 Pelabuhan Regional dan 5 Pelabuhan Lokal.

(Baca Juga : Gubernur Kalimantan Tengah Membuka Sosialisasi Permendagri Nomor 38 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019)

“Hal ini tentunya memerlukan kajian strategis dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia untuk mendukung pembangunan Pelabuhan Utama di Provinsi Kalimantan Tengah”, ucap H. Sugianto Sabran.

“Salah satu lokasi strategis, yang telah kami usulkan melalui Kementerian Perhubungan pada Rapat Koordinasi Gubernur Se-Indonesia beberapa waktu yang lalu adalah Pembangunan Pelabuhan Utama di Teluk Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur. Untuk itu kami mohon dukungan kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Invenstasi untuk dapat mendorong percepatan penyusunan studi kelayakan dan pembangunan Pelabuhan Utama di Kalimantan Tengah”, jelas Sugianto Sabran.

“Salah satu lokasi strategis, yang telah kami usulkan melalui Kementerian Perhubungan pada Rapat Koordinasi Gubernur Se-Indonesia beberapa waktu yang lalu adalah Pembangunan Pelabuhan Utama di Teluk Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur. Untuk itu kami mohon dukungan kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Invenstasi untuk dapat mendorong percepatan penyusunan studi kelayakan dan pembangunan Pelabuhan Utama di Kalimantan Tengah,” imbuhnya.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut meminta dukungan dari semua Kementerian terkait dan stakeholder yang terlibat untuk mensukseskan Program Strategis Nasional di Kalteng. H. Sugianto Sabran juga mengajak kepada seluruh masyarakat petani dan para petugas penyuluh untuk tetap semangat bahu-membahu membangun Kalteng.


Hadir secara khusus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan,  Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko, Deputi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian RI Wahyu Utomo dan Direktur Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Heriyanto. Gubernur Kalteng didampingi oleh Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo, Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo.(WDY/Foto:Riduan)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook