Tiga Puluh Dua Orang Pengurus Dekranasda Dilantik

Kontribusi dari Rikah Mustika, 29 Oktober 2018 11:09, Dibaca 771 kali.


MMCKalteng-Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah, Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran, melantik pengurus Dekranasda periode 2016-2021 sebanyak 32 orang di Swiss-bell Hotel Danum Palangka Raya, Senin (29/10). Turut hadir Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Septriana Tangkary dan Koordinator Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal Dekranas, Ir. Tri Reni Budiharti.

“Kerajinan khas Kalimantan Tengah masih menjadi usaha tradisional dengan skala mikro, kecil dan menengah. Bahkan di beberapa daerah, pengrajinnya masih dikerjakan oleh orang tua yang dianggap tidak produktif lagi, sementara generasi mudanya belum mampu atau kurang berminat menggantikan. Jika keadaan ini terus berlanjut perlahan warisan budaya kerajinan Kalimantan Tengah akan punah. Untuk itulah peran Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah sebagai induk dan payung untuk membina, mengembangkan dan menumbuhkan bagi pelaku usaha IKM kerajinan Kalimantan Tengah” ucap Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, S. Hut, MP, saat membacakan sambutan Gubernur.

(Baca Juga : Gubernur H. Sugianto Sabran Hadiri Rapat Paripurna Ke - 2 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2021, DPRD Kalteng)

Tujuan terbentuknya Dekranasda adalah untuk menggali, melestarikan, dan mengembangkan produk kerajinan warisan budaya (kearifan lokal) melalui pembinaan dan pendampingan IKM kerajinan agar dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam menghasilkan produk unggulan daerah yang berkualitas.

Beliau berharap pengurus Dekranasda yang dilantik bisa bekerja maksimal sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan ekonomi daerah. (Rikah / Foto : Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook