Wagub Sampaikan Pidato LKPJ Akhir Masa Jabatan

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 30 Maret 2021 07:04, Dibaca 50 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Wakil Gubernur (Wagub) Habib Ismail Bin Yahya menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Akhir Masa Jabatan (LKPJ-AMJ) tahun 2016-2021. Penyampaian pidato pengantar LKPJ-AMJ tersebut dilaksanakan pada Rapat Paripurna ke-8 masa persidangan I tahun sidang 2021 di gedung dewan, Senin (29/3/2021).

Saat menyampaikan laporan LPJ-AMJ, Wagub Kalteng Habib Ismail Bin Yahya mengatakan, pertumbuhan ekonomi Kalteng mengalami peningkatan pada tahun 2018 hingga awal tahun 2020. Namun tingkat pertumbuhan ekonomi tersebut sempat terhambat karena pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 yang diiringi peningkatan angka kemiskinan sebesar 5,6 persen.

(Baca Juga : Pansus dan BPKP Siap Bersinergi Awasi Anggaran Covid-19)

“Tahun 2018 silam, angka pertumbuhan ekonomi Kalteng naik ke angka 60 persen hingga awal tahun 2020. Namun setelah menyebarkan pandemi Covid-19 di Indonesia, pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan namun tidak terlalu signifikan,” ucapnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, sambung Habib, telah melakukan berbagai upaya dalam menghadapi pandemi Covid-19 di wilayah Bumi Tambun Bungai, diantaranya membuat kebijakan agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan, membentuk tim percepatan penanganan pandemi, hingga menyiapkan Fasilitas kesehatan (Faskes) yang memadai.

“Pandemi Covid-19 merupakan perihal yang harus mendapat perhatian kita bersama. Oleh karena itu, berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemprov Kalteng demi menekan angka penyebaran pandemi Covid-19 mulai dari kewajiban dalam menerapkan protokol kesehatan, pembentukan tim percepatan penanganan pandemi, hingga menyiapkan faskes termasuk  optimalisasi dan realokasi anggaran daerah untuk penanganan Covid-19,” ujarnya.

Optimalisasi anggaran sangat penting dalam rangka mempercepat penanganan pandemi Covid-19, sehingga dengan adanya realokasi anggaran diharapkan pandemi bisa segera berakhir pada tahun 2021.

“Dalam penanganan pandemi Covid-19 harus didukung dengan anggaran yang memadai, sehingga realokasi anggaran yang telah dilaksanakan pada tahun 2020 lalu diharapkan dapat menekan penyebaran pandemi di Kalteng dan semoga tahun 2021 ini pandemi bisa berakhir,” pungkasnya. (Rovie / Foto: Rovie)

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook