Sekda Fahrizal Fitri Pimpin Forum Perangkat Daerah Prov. Kalteng Tahun 2021

Kontribusi dari Widia Natalia, 16 Maret 2021 14:39, Dibaca 132 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran membuka secara resmi  sekaligus Pimpin Forum Perangkat Daerah Prov. Kalteng Tahun 2021. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Prov. Kalteng dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (16/03/2021). Kegiatan ini diikuti Badan/Dinas/Unit Satuan Kerja dilingkungan Prov. Kalteng dan Kepala Bappeda Kabupaten/Kota dan Kepala Dinas terkait di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Kalteng secara virtual dari tempat masing-masing.

Sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang dijabarkan dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja P emerintah Daerah, antara lain disebutkan bahwa forum Perangkat Daerah merupakan forum sinkronisasi pelaksanaan urusan Pemerintahan Daerah untuk merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Pada forum online tersebut, setiap kabupaten/kota akan dibahas sesuai Bidang urusan Infrastruktur, Bidang Perekonomian dan SDA & Bidang Sosial, Budaya dan Pemerintahan.

(Baca Juga : Sekda Kalteng Hadiri Sosialisasi dan Tindak Lanjut Peraturan Pemerintah No 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha di Daerah Terkait Kesiapan Online Single Submission )


Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri dalam sambutannya menyampaikan Pertemuan pada hari ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk bersama-sama melakukan pembahasan dan sinkronisasi usulan program kegiatan pembangunan di Prov. Kalteng tahun 2022.

“Meskipun hanya dilaksanakan secara daring, diharapkan tidak mengurangi makna dan kesungguhan dalam pelaksanaan Forum Perangkat Daerah ini”, tutur Fahrizal Fitri.

Fahrizal Fitri mengatakan Forum Perangkat Daerah Provinsi ini merupakan rangkaian dari tahapan perencanaan yang merupakan Forum Sinkronisasi Pelaksanaan Urusan Pemerintahan Daerah, untuk merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Hasil Forum Perangkat Daerah ini selanjutnya akan digunakan untuk penyempurnaan rancangan Renja Perangkat Daerah Provinsi tahun 2022, dan penyempurnaan rancangan awal RKPD Provinsi menjadi rancangan RKPD Provinsi, sebagai bahan klarifikasi dalam Musrenbang Provinsi yang direncanakan pada tanggal 8 April 2021.

Lebih lanjut Fahrizal Fitri menyampaikan, Penyusunan RKPD tahun 2022 mengacu pada dokumen RPJPD Prov. Kalteng Tahun 2005-2025 dan mempedomani rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2022, yang mengusung tema pembangunan ”Pemulihan Ekonomi Dan Reformasi Struktural”, dimana terdapat 7 Agenda Pembangunan Nasional, antara lain Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan Berkualitas dan Berkeadilan, Pengembangan Wilayah untuk Mengurangi Kesenjangan, SDM Berkualitas dan Berdaya Saing, Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan, Infrastruktur untuk Ekonomi dan Pelayanan Dasar, Lingkungan Hidup, Ketahanan, Bencana dan Perubahan Iklim dan Stabilitas Politik, Hukum, Pertahanan, dan Keamanan (Polhukhankam) dan Transformasi Pelayanan Publik.

“Dalam mewujudkan perencanaan yang efisien dan tepat sasaran, dibutuhkan pendekatan melalui pendekatan HolistikTematik, Integratif, dan Spasial, serta kebijakan anggaran belanja berdasarkan money follows program, dengan cara memastikan hanya program yang benar-benar bermanfaat yang dialokasikan dan bukan sekedar karena tugas dan fungsi Perangkat Daerah”, imbuhnya.

Dalam rangka konsistensi antara Perencanaan Pembangunan Daerah dan Nasional serta mengacu pada dokumen RPJPD Prov. Kalteng Tahun 2005-2025, isu strategis, dan hasil evaluasi pembangunan daerah Tahun 2020, Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022 mengarah pada ”Stabilitas Ekonomi Dengan Penguatan SDM yang Berdaya Saing”. Sasaran makro pembangunan Prov. Kalteng Tahun 2022 untuk mendukung tema pembangunan tersebut berdasarkan data capaian tahun 2020, yaitu Pertumbuhan ekonomi sebesar 4,60- 5,60 %, Laju inflasi 2,5-3 %, Angka kemiskinan sebesar 5,1 %, Tingkat Pengangguran Terbuka sebesar 4,5 %, Gini Ratio sebesar 0,228  dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 72 %.

Beberapa hal yang disampaikan Fahrizal Fitri dalam pertemuan tersebut, sebagai acuan dalam menetapkan program dan kegiatan prioritas pembangunan tahun 2022, antara lain, pertama, penyusunan perencanaan pembangunan harus konsisten dan sinkron antara dokumen perencanaan yang satu dengan lainnya (RPJMD, Renstra, RKPD, Renja, KUA-PPAS, APBD), serta bersinergi antara perencanaan provinsi, kabupaten/kota maupun nasional.

Kedua, Penyusunan prioritas harus dilakukan dengan memperhatikan beberapa kriteria diantaranya Pencapaian prioritas dan sasaran pembangunan nasional, mencakup antara lain Sustainable Development Goals (SDGs), ketahanan pangan, Standar Pelayanan Minimal, percepatan pengurangan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, dan masalah keberlanjutan, pencapaian visi Prov. Kalteng, pengembangan sektor/bidang keunggulan kompetitif Daerah, program dan kegiatan yang diusulkan merupakan kewenangan provinsi untuk sumber dana APBD Provinsi, merupakan respon relevan terhadap isu strategis dan masalah mendesak yang akan dihadapi pada tahun 2022, merupakan program dan kegiatan yang menyentuh secara langsung bagi usaha pemecahan masalah mendasar yang dihadapi oleh masyarakat, selaras dan konsisten dengan kebijakan Pemerintah Pusat untuk mengantisipasi dan penyelesaian target-target pembangunan Nasional serta sesuai dengan pagu anggaran indikatif sementara yang ditetapkan berdasarkan kemampuan keuangan daerah.

Terakhir, prioritas tinggi juga diberikan terhadap kegiatan-kegiatan terkait dengan percepatan pembangunan/peningkatan konektivitas, khususnya pada wilayah-wilayah pemicu peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dan menopang kegiatan ekonomi kerakyatan dalam rangka penanggulangan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, serta dalam rangka pengarusutamaan lingkungan hidup tetap menjadi prioritas di tahun 2022.

Fahrizal Fitri berharap, semua program/kegiatan yang diusulkan untuk tahun 2022 merupakan program/kegiatan prioritas dan strategis pembangunan Kalimantan Tengah, yang dapat diintegrasikan untuk mencapai keterpaduan atau keserasian antar wilayah, antar sektor, dan antar pelaku pembangunan.

Sekretaris Daerah Prov. Kalteng didampingi oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng H. Nurul Edy dan Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng Yuren S. Bahat.(WDY/Foto:Biro Adpim Setda Kalteng)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook