Gubernur Kalteng Lakukan Peninjauan Tambak Udang di Sukamara

Kontribusi dari Rikah Mustika, 23 Februari 2021 19:58, Dibaca 76 kali.


MMCKalteng – Sukamara – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran melakukan peninjauan Tambak Udang Vanamei di Desa Sungai Pasir, Kecamatan Pantai Luci, Kabupaten Sukamara, Selasa (23/2/2021). Gubernur mengatakan bahwa visi misinya dalam membangun Kalteng difokuskan untuk infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan perekonomian masyarakat, tak terkecuali di Kabupaten Sukamara.

“Kami ke Kabupaten Sukamara sesuai dengan janji kami dengan Bupati Pak Windu dan Wakil Bupati Ahmadi beserta jajarannya bahwa kami akan membantu masalah infrastruktur. Jalan dari Pantai Luci ada sekitar 30 km, butuh dana sekitar 60-75 miliar,” ucap Sugianto.

(Baca Juga : Gubernur Sampaikan Kalteng Sangat Pantas Menjadi Ibu Kota Negara)

Gubernur Sugianto mengungkapkan, di tahun 2022 mendatang Pemerintah Provinsi Kalteng akan menghibahkan anggarannya ke Kabupaten Sukamara untuk Proyek Multiyears. Dan direncanakan proyek tersebut akan selesai di tahun 2023.

Terkait Tambak Udang, orang nomor satu di Kalteng ini mengatakan bahwa dalam waktu 2,5 bulan lagi, akan ada panen udang yang diperkirakan mencapai 40 ton. Hasil panen udang tersebut nantinya akan didistribusikan ke Jakarta dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian di wilayah pesisir Kalteng.

Perlu diketahui, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah membangun percontohan Tambak Udang berkelanjutan di Desa Sungai Pasir, Kabupaten Sukamara. Program tambak berkelanjutan tersebut masuk dalam program prioritas untuk mendorong ekspor udang nasional.

KKP membangun percontohan model klaster Tambak Udang seluas lebih dari 5 hektar dan bermitra dengan Pokdakan Mina Barokah yang dipilih sebagai pelaku utama budi daya. Selain Kabupaten Sukamara, KKP juga membangun percontohan tambak udang di 4 lokasi lain, yaitu Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Buol.

Peninjauan Gubernur ke Kabupaten Sukamara didampingi Isteri Ivo Sugianto Sabran. Hadir secara khusus Anggota DPR RI Dapil Kalteng H. Agustiar dan hadir dari pemerintah provinsi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Prov. Kalteng Shalahuddin, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Prov. Kalteng Ermal Subhan, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Prov. Kalteng Sri Widanarni, Kepala Biro Umum Setda Kalteng Lisda Arriyana, Plt. Kepala Dinas Sosial Prov. Kalteng Rian Tangkudung dan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng Ahmad Syaifudi. Sementara itu, kedatangan Gubernur ke Kabupaten Sukamara disambut oleh Bupati Sukamara Windu Subagio, Wakil Bupati Sukamara H. Ahmadi beserta jajaran. (Rkh/ Foto: Biro Adpim)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook