Sinkronisasi Data Kepariwisataan untuk Data Kabupaten Kobar Dalam Angka 2021

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 18 Februari 2021 09:47, Dibaca 141 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Kamis (18/2/2021) Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengundang beberapa instansi untuk mengikuti Rapat Pembahasan Data Kabupaten Kotawaringin Barat Dalam Angka 2021 secara daring melalui zoom meeting. BPS akan merilis publikasi Kabupaten Kotawaringin Barat Dalam Angka 2021 yang menyajikan sektoral dari instansi terkait.

Dinas Pariwisata Kabupaten Kobar, yang turut hadir secara daring di aula kantor Dispar, merupakan salah satu instansi yang data-datanya akan dipublikasikan di Kotawaringin Barat Dalam Angka 2021. Data kunjungan wisatawan, data destinasi wisata, data hotel dan rumah makan per kabupaten per kecamatan merupakan data-data kepariwisataan yang akan dipublikasikan di Kotawaringin Barat Dalam Angka 2021 tersebut. Tujuan diadakannya rapat tersebut untuk konfirmasi, klarifikasi dan sinkronisasi data-data dimaksud.

(Baca Juga : Ritual Tiwah Massal Masuk CoE Kemenpar RI)

Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kobar, Rosita Wati mengatakan bahwa keikutsertaan dalam zoom meeting yang diadakan oleh BPS Kobar ini agar tidak terjadi perbedaan data yang akan dipublikasikan oleh BPS dengan data yang dipunyai oleh Dispar Kobar.

“Selain itu, dengan adanya data kepariwisataan yang masuk dalam Kotawaringin Barat Dalam Angka 2021, data-data kepariwisataan akan ditampilkan secara lengkap dan secara tidak langsung menjadi ajang promosi pariwisata. Pariwisata Kobar juga akan lebih dikenal oleh masyakarakat luas baik domestik maupun internasional,” kata Rosita.

Sementara itu, Kadispar Kobar Wahyudi berpesan agar benar-benar mencermati data yang akan ditampilkan agar tidak terjadi kesalahan dalam publikasi Kotawaringin Barat dalam angka 2021.

“Masyarakat bisa mengenal suatu daerah dari data-data yang mereka baca. Oleh karena itu tidak boleh data dibuat secara sembarangan,” tutur Wahyudi.

Wahyudi menambahkan bahwa Dispar Kobar melalui bidang yang terkait selalu melakukan updating data kepariwisataan. Wahyudi juga menekankan agar selalu mengikuti perkembangan dan perubahan yang terjadi pada hal-hal yang terkait dengan pariwisata Kobar. Tidak hanya tentang destinasinya tapi juga usaha-usaha yang mendukung pariwisata, seperti hotel, rumah makan/cafe, tempat souvenir/cinderamata dan lain-lain.

“Selain itu dengan adanya data kepariwisataan yang ditampilkan di Kobar dalam angka 2021, akan memacu Dispar Kobar untuk lebih mengembangkan pariwisata Kobar melalui program dan kegiatannya,” imbuhnya.

Semoga Kotawaringin Barat dalam angka 2021 ini dapat ikut mendongkrak popularitas pariwisata Kobar. Salam Pesona Indonesia. (dispar kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook