Masker Benteng Utama Cegah Penularan Covid-19

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 07 Februari 2021 14:42, Dibaca 227 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya –  Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dalam tatanan new normal atau kebiasaan hidup baru mewajibkan setiap orang menerapkan protokol kesehatan. Pemerintah terus menggaungkan kebiasaan hidup baru tersebut dengan menerapkan 4M diantaranya Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan dan Meminimalkan Pertemuan.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah Ir. Riviko mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 ini, new normal atau kebiasaan hidup baru merupakan kewajiban yang harus ditaati oleh setiap orang dengan Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan dan Meminimalkan Pertemuan guna meminimalisir terjadinya penularan dan penyebaran Covid-19. Sebab, orang yang terpapar Covid-19 bisa tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala atau lebih dikenal dengan sebutan Orang Tanpa Gejala (OTG).

(Baca Juga : Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Fungsional di Lingkungan Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah)

Dari gejala yang ditimbulkan pada kasus tingkat sedang atau tingkat ringan, tidak menampakkan gejala yang signifikan, mulai dari batuk dan pilek secara terus menerus. Covid-19 dapat diminimalisir penularannya dengan menggunakan masker.

Masker berfungsi mencegah dan melindungi seseorang dari Covid-19, dimana cara penularannya dapat melalui mulut dan hidung. Covid-19 dapat menular melalui udara dari seseorang yang sebelumnya telah terinfeksi Covid-19.

Ketika ada seseorang yang sehat tetapi berada di dekat orang yang terinfeksi Covid-19 dan tidak menggunakan masker, saat orang yang terinfeksi Covid-19 tersebut batuk atau bersin mengeluarkan udara melalui mulut dan hidung, saat itulah dapat menularkan covid-19 melalui partikel terkecil udara ke orang lain. Itulah sebabnya pentingnya menggunakan masker secara baik dan benar, sebab masker pelindung utama ketika kita berada diantara orang-orang tersebut.

“Harapan kami, dengan dibagikannya masker kepada masyarakat di lingkungan pemukiman Flamboyan Bawah, yang dilaksanakan oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng dalam kegiatan sosialisasi dan edukasi pada hari ini Minggu (7/2/2021), masyarakat dapat lebih termotivasi untuk taat menggunakan masker dan juga taat menerapkan protokol kesehatan dalam kesehariannya,” tutupnya. (Pky.07/2/2021/DewiS/foto/ Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook