Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Berikan Panduan Kepada Seluruh Perangkat Daerah

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 04 Februari 2021 14:16, Dibaca 127 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong membuka secara langsung Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2022, Kamis (4/2/2021) di GPU Damang Batu Kuala Kurun. Kegiatan ini merupakan rangkaian Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2022, pembahasan dan penjaringan aspirasi untuk penyempurnaan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2022.

Disampaikan oleh Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong, bahwa Konsultasi Publik ini dimaksudkan untuk melakukan pembahasan dan penjaringan aspirasi untuk penyempurnaan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2022. Penyempurnaan Rancangan Awal RKPD ini untuk memberikan panduan kepada seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Gunung Mas dalam menyempurnakan Rancangan Awal Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah dan berfungsi sebagai koridor perencanaan pembangunan daerah dalam kurun waktu 1 (satu) tahun yang disusun menggunakan pendekatan teknokratis dan partisipatif.

(Baca Juga : Bupati Pulang Pisau : Kirab Satu Negeri Dapat Jadi Pemersatu)

Bupati juga menambahkan, hasil Forum ini selanjutnya akan digunakan untuk penyempurnaan rancangan Renja Perangkat Daerah Kabupaten Gunung Mas tahun 2022, sekaligus penyempurnaan Rancangan RKPD Kabupaten Gunung Mas menjadi Rancangan Akhir RKPD Kabupaten Gunung Mas setelah dilakukan Musrenbang RKPD Kabupaten di Kabupaten.

“Kondisi awal tahun 2020, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 70,81% mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya 69,95%, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) 7,29% mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya 6,93%, Tingkat Kemiskinan 4,75% mengalami penurunan dari tahun sebelumnya 5,83%, namun Tingkat Pengangguran Terbuka 2,49% meningkat dari tahun sebelumnya 1,17%,” ucap Bupati.


Dengan adanya sasaran dan target pembangunan Kabupaten Gunung Mas tahun 2022, sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2019-2024, antara lain : Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) sebesar 7,85%; Tingkat Kemiskinan sebesar 4,26%; Tingkat Pengangguran Terbuka sebesar 1,02%; Indeks Gini sebesar 0,257 ; dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 73,76%.

Untuk mencapai target indikator-indikator tersebut, diperlukan upaya dan kerja keras kita semua. Dan tentu saja hal ini perlu dukungan kita semua melalui sinergitas, sinkronisasi dan harmonisasi program kegiatan pembangunan daerah, baik dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan maupun pengendaliannya.

“Saya berharap seluruh aspirasi dapat ditampung sebagai pertimbangan usulan program/kegiatan/sub kegiatan yang diusulkan untuk tahun 2022 dan merupakan program/kegiatan/sub kegiatan prioritas dan strategis pembangunan Kabupaten Gunung Mas yang dapat diintegrasikan untuk mencapai keterpaduan/keserasian antar wilayah, antar sektor dan antar pelaku pembangunan,” ujar Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong.

Sementara itu, disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Gunung Mas Yantrio Aulia bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Gunung Mas, untuk mendapatkan masukan penting dan saran dalam rangka penyempurnaan terhadap Rancangan Awal RKPD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2022.

Peserta Musrenbang Kabupaten Gunung Mas adalah Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Lembaga Swadaya Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Agama di lingkup Kabupaten Gunung Mas. Turut hadir dalam kegiatan ini Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Gunung Mas (Forkopimda), Sekretaris Dearah Kabupaten Gunung Mas Yansiterson, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Camat se-Kabupaten Gunung Mas serta pihak terkait lainnya. (Iswanto / Foto: Iswanto)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook