Bupati Kobar Serahkan 22 Unit Alsintan Kepada Petani

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 16 Oktober 2018 16:02, Dibaca 468 kali.


MMC Kateng - Dalam rangka peningkatan produksi pangan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), 18 Desa di Kobar Terima Bantuan Alsintan Pra Panen dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kobar. Penyerahan alsintan dilakukan oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah pada Selasa (15/10) di halaman kantor Dinas TPHP Kobar. Bantuan alsintan ini berupa 1 unit traktor roda 4, 11 unit traktor roda 2 dan 10 unit pompa air.

Terkait dengan pembangunan sektor pertanian yang dilaksanakan oleh Dinas TPHP Kobar, Kepala Dinas TPHP Kamaludin menyatakan bahwa untuk menunjang swasembada pangan, selain bantuan alsintan, Dinas TPHP sampai bulan oktober tahun 2018 juga telah berhasil membangun 4 unit embung, 1 unit irigasi pipa, jalan usaha tani sepanjang 2.200 meter, peningkatan jalan produksi di 10 lokasi, lahan sawah menuju organik 100 ha, pengembangan padi sub optimal 800 ha, pengembangan padi gogo 1000 ha, tumpangsari padi jagung 30 ha, pengembangan jagung varietas umum 560 ha, pengembangan jagung litbang 310 ha, pengembangan cabe keriting 25 ha, cabe rawit 3 ha dan pengembangan bawang merah 24 ha.

(Baca Juga : Sambutan Baik 100 Hari Kerja Walikota dan Wakil Walikota Palangka Raya)

Dalam mengembangkan pertanian di Kabupaten Kobar, Kepala Dinas TPHP mengakui beberapa permasalahan pembangunan pertanian antara lain: alih fungsi lahan pertanian, rusaknya infrastruktur, semakin berkurang dan mahalnya upah tenaga kerja, masih tingginya susut hasil, lemahnya permodalan petani, disparitas harga pembelian pemerintah dengan permintaan petani.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kobar Hj Nurhidayah juga menyampaikan harapannya kepada petani untuk dapat memanfaatkan alsintan tersebut sehingga mendorong peningkatan dan pengembangan pertanian dalam arti luas untuk menumbuhkembangkan pergerakan ekonomi yang ada di masyarakat. Bupati juga memberikan apresiasi kepada petani di Desa Kubu, Desa Kumai Seberang dan Kecamatan Pangkalan Lada yang sudah berhasil mengembangkan hasil pertaniannya.  Selain itu Bupati juga berharap agar Dinas TPHP dan PPL untuk selalu memantau petani dan memberi bantuan berupa arahan, membuka konsultasi lebih luas kepada petani dan memotivasi petani agar lebih aktif sehingga dapat memanfaatkan alsintan secara maksimal sehingga dapat memacu dan memberikan semangat untuk menciptakan produk-produk unggulan selain produk-produk yang sudah dikembangkan di Kobar. (Humas Diskominfo Kobar/Syarif HD/DTPHP)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook