Pentingnya Pemahaman Penggunaan Masker di Kalangan Masyarakat Guna Cegah Covid-19

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 31 Januari 2021 13:11, Dibaca 452 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Di tengah pademi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), menggunakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak aman merupakan hal yang harus dipatuhi semua orang, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. Menyikapi hal tersebut, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat akan pentingnya penggunaan masker. Sosialisasi dan edukasi tersebut dilaksanakan di Pasar Besar Jalan Seram Palangka Raya, Minggu (31/1/2021).

Kepala Bidang Sekretariat Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah  Maria Cahaya,SP,M.Si mewakili Ketua Pelaksana Harian Ir. H. Darliansjah, M.Si mengatakan, sebagai upaya pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19, salah satunya adalah dengan menggunakan masker. Faktanya, dari sebagian orang yang terinfeksi Covid-19 tidak menunjukkan gejala atau ciri. Itulah sebabnya menggunakan masker sangatlah penting, jika semua orang taat menggunakan masker, penularan Covid-19 dapat diminimalisir.

(Baca Juga : Plt. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah Dampingi Gubernur Bertemu Pekerja Sosial Sistem SLRT se-Palangka Raya)

“Salah satu sasaran kami dalam membagikan masker ini adalah menumbuhkan rasa kepedulian, rasa kebersamaan, kepatuhan dan ketaatan masyarakat agar patuh dan taat dalam menggunakan masker. Harapan kami, dengan kita semua patuh dan taat menggunakan masker, kita semua terhindar dari penularan Covid-19,” tutupnya.


Saat ditemui di tempat lapaknya, salah seorang penjual bawang di Pasar Besar Sarifulloh atau akrab disapa dengan Abah Abuk menyampaikan, ”Alhamdulliah, masker yang dibagikan pihak Satgas Penanganan Covid-19 Prov Kalteng, saya merasa terbantu di tengah kelesuan pendapatan dari cuma mengharapkan hasil berjualan bawang,” ucapnya. 

“Dari masker yang dibagikan tersebut dan informasi-informasi yang disampaikan tentang pentingnya menggunakan masker, saya menjadi lebih memahami bahwa Covid-19 dapat menular dari percikan pada saat berbicara. Untuk menghindarinya dapat dilakukan dengan menjaga jarak dan menggunakan masker,” tutupnya. (Pky.31/1/2021/DewiS/foto/ Data:PusdalopsBPBPKKalteng).

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook