Pemkab Kobar Raih Penghargaan Kabupaten Sangat Inovatif pada IGA Tahun 2020

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 18 Desember 2020 15:55, Dibaca 1,319 kali.


MMCKalteng – Kotawaringin Barat - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) meraih Penghargaan Kabupaten Sangat Inovatif pada ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah BPP Kemendagri, Drs. Matheos Tan, MM kepada Wakil Bupati Kobar, Ahmadi Riansyah pada Acara Penganugerahaan IGA Tahun 2020 yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta Pusat pada Jumat (18/12/2020).

Pemkab Kobar meraih penghargaan kategori Kabupaten Sangat Inovatif dengan skor indeks inovasi daerah mencapai 3145. Skor indeks inovasi daerah ini merupakan jumlah dari indikator seluruh inovasi yang diikutkan dalam lomba IGA. Menurut data dari Bappeda Kobar, ada sebanyak 21 video inovasi dari 14 SOPD dan 1 kecamatan yang diikutkan pada ajang IGA Tahun 2020.

(Baca Juga : Bupati Harapkan PDP Bisa Dirujuk)

Penghargaan IGA ini sendiri digelar oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Badan Litbang) Kemendagri. Tujuannya untuk mengapresiasi inovasi pembangunan yang diterapkan oleh pemerintah daerah provinsi maupun pemerintah daerah kabupaten/kota.

Pada tahun 2020 ini, penghargaan IGA dilaksanakan dengan format berbeda. Yang mana tidak hanya provinsi dan kabupaten/kota pemenang IGA saja yang diberi kesempatan hadir menerima penghargaan, tetapi bagi provinsi/kabupaten/kota yang skor indeks inovasi daerah di atas 1000 juga turut diundang untuk hadir menerima trophy dan penghargaan dari Menteri Dalam Negeri.


Acara Penganugerahaan IGA Tahun 2020 dilaksanakan dalam 4 sesi. Pada sesi I pukul 09.00-11.00 WIB dihadiri 35 kabupaten dan 20 kota. Sesi II pukul 13.30-15.00 WIB dihadiri 55 kabupaten, termasuk Kabupaten Kobar. Sesi III pukul 15.00-17.30 WIB dihadiri 16 provinsi, 25 kabupaten dan 13 kota. Dan pada sesi IV, yakni Malam Puncak Penyerahan Penghargaan IGA Tahun 2020 pada pukul 19.00 WIB dan dihadiri provinsi dan kabupaten/kota yang masuk dalam nominasi Penerima IGA Tahun 2020, terdiri dari 4 provinsi, 16 kabupaten dan 10 kota.

Sekretaris Badan Litbang Kemendagri RI, Dr. Kurniasih, SH, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah dengan predikat Sangat Inovatif berdasarkan pengukuran indeks inovasi tahun 2020 daerah merupakan apresiasi pemerintah terhadap semangat, daya dan upaya serta keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dengan cara-cara inovatif.

“Tingkat partipasi daerah pada IGA Tahun 2020 sebesar 89,3% atau sebanyak 484 daerah, yang terdiri dari 34 pemerintah daerah provinsi, 360 pemerintah daerah kabupaten dan 90 pemerintah daerah kota, dengan jumlah inovasi yang terjaring sebanyak 14.897 inovasi atau meningkat sebanyak 85% dari tahun 2019,” jelas Kurniasih.

Dengan hasil, lanjut Kurniasih, sebanyak 195 pemerintah daerah dengan predikat Sangat Inovatif, yang terdiri dari 21 provinsi, 131 kabupaten dan 43 kota. “Predikat Inovatif sebanyak 44 daerah yang terdiri dari 3 provinsi, 30 kabupaten dan 11 kota. Sedangkan predikat Kurang Inovatif sebanyak 245 pemerintah daerah, terdiri 10 provinsi, 199 kabupaten dan 36 kota, sisanya 58 pemerintah daerah dengan kategori tidak dinilai,” ungkapnya.

Sementara itu, Wabup Kobar Ahmadi Riansyah usai menerima penghargaan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh komponen yang ikut terlibat memberikan dukungan kepada pemerintah daerah.


”Alhamdulillah Kabupaten Kotawaringin Barat menjadi salah satu yang menerima penghargaan Kabupaten Sangat Inovatif. Untuk itu kami bersama Bupati Kotawaringin Barat selaku pimpinan daerah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh komponen yang ikut serta memberikan dukungan kepada pemerintah daerah sehingga meraih penghargaan ini,” ucap Ahmadi.

Wabup Ahmadi berharap melalui penghargaan ini dapat memotivasi pemerintah daerah untuk memberikan terobosan baru dalam membangun Kabupaten Kobar lebih inovatif ke depannya. (humas diskominfo kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook