Peringatan Hari Guru, Pandemi Jadikan Laboratorium Anak Bangsa

Kontribusi dari Rikah Mustika, 26 November 2020 10:47, Dibaca 253 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke-75, Rabu (25/11/2020), di MAN Kota Palangka Raya (Mankoraya) jadikan pandemi Covid 19 sebagai laboratorium bersama, sikap pantang menyerah dan wadah berinovasi. Hal itu disampaikan pembina upacara Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H. Abd Rasyid saat membacakan pidato Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim di hadapan tenaga pendidik, kependidikan dan pejabat kantor Kemenag Prov. Kalteng dan Kemenag Kota Palangka Raya.

"Keadaan ini membuat guru dan pemerintah untuk mengatur ulang kurikulum, metode mengajar, dan media pembelajaran," kata H. Abd Rasyid.

(Baca Juga : Karhutla di Prov. Kalteng Ada 143 Kali Kejadian)

"Sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) menguras tenaga dan pikiran guru untuk menyajikan pengajaran yang menyenangkan. Mulai dari membuat konten digital (video) melalui internet, menguasai teknologi, mengajar di rumah siswa, dan memberikan tugas. Begitu juga siswa kita yang bersusah payah mencari signal dengan berjalan kaki ke atas bukit, menyusuri sungai. Semua itu sebagai bakti anak negeri untuk dunia pendidikan," ujar H. Abd Rasyid.

"Secara khusus saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada guru atas pengorbanan waktu, tenaga demi siswa tercinta," pungkas H. Abd Rasyid.

Selesai membacakan pidato Menteri Pendidikan, H. Abd Rasyid mengatakan bahwa Kementerian Agama siap berkomitmen untuk memajukan pendidikan melalui lembaga madrasah, pondok pesantren dengan selalu berpijak kepada peraturan dari kementerian pendidikan.

"Terima kasih kepada Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Ibtidaiyah (MI) atas dedikasinya selama ini dalam memajukan dunia pendidikan," pungkas H. Abd Rasyid.

Upacara peringatan HGN ke - 75 di Mankoraya dihadiri Kabid Pendidikan Madrasah, Kasi Guru, Kasi Kelembagaan Kemenag Prov. Kalteng, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Palangka Raya dan tenaga pendidik dan kependidikan dengan tema "Bakti Guru Lindungi Negeri". (Asdi)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook