Kominfo Kalteng Gelar PETUNRA

Kontribusi dari Widia Natalia, 20 November 2020 21:42, Dibaca 85 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian Dan Statistik (DiskomfoSantik) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) menggelar Pertunjukan Rakyat (PETUNRA) Prov. Kalteng Tahun 2020, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (20/11/2020). Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kalteng Hamka mewakili Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya. Adapun kegiatan kali ini mengusung Tema “Membangun Partisipasi Optimisme Masyarakat Mewujudkan Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit, Agar Produktif di Masa Pandemi Melalui PETUNRA Prov. Kalteng”.

Kepala Dinas KominfoSantik Prov. Kalteng Agus Siswadi dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk membangun pemahaman, kepercayaan dan partisipasi publik untuk bersama-sama mewujudkan “Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit”. Bentuk acara ini berupa pertunjukan virtual kesenian rakyat tradisional melalui live streaming youtube, berdurasi 90 menit.

(Baca Juga : Tarian Ritual Adat Kematian, Kini Babukung Jadi Festival Rutin Tahunan di Lamandau)


Sementata, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kalteng Hamka saat membacakan sambutan tertulis Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, menyampaikan apresiasi yang setingi-tingginya kepada Inisiasi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) yang bekerjasama dengan Kemkominfo RI  dan juga bekerjasama dengan Pemprov. Kalteng melalui Perangkat Daerah terkait yakni DiskominfoSantik Prov. Kalteng dalam menyelenggarakan pertunjukan rakyat ini.

“Melalui pertunjukan rakyat ini, semoga diperoleh pemahaman yang komprehensif terkait penanganan Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi Nasional, sehingga pada akhirnya tercapai tujuan “Kesehatan Pulih, Ekonomi BangkiT”, tutur Hamka.

Lebih lanjut Hamka menjabarkan berbagai kebijakan Pemerintah dalam mendukung upaya pemulihan kesehatan dan percepatan pemulihan ekonomi telah disiapkan dan terus dijalankan lewat berbagai program. Salah satu upaya pemulihan kesehatan adalah melalui percepatan penyediaan vaksin yang sedang berjalan sebagai bagian dari prioritas indonesia sehat.

Untuk membangun pemahaman, kepercayaan dan partisipasi masyarakat terhadap kebijakan, program dan dampaknya, dibutuhkan komunikasi terpadu dan dukungan dari berbagai pihak untuk dapat menyampaikan pesan kepada masyarakat dengan masif, faktual dan mudah dipahami. Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan adalah PETUNRA.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh KPCPEN bekerjasama dengan Kemkominfo RI dan juga bekerjasama dengan Pemprov. Kalteng melalui Perangkat Daerah terkait, yakni DiskomfoSantik Prov. Kalteng dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi Nasional sebagai salah satu bentuk kegiatan diseminasi/penyampaian pesan-pesan kepada masyarakat untuk bersama-sama membangun rasa optimisme dan semangat masyarakat untuk tetap produktif selama masa pandemi.

Pelaku seni yang tampil pada kegiatan PETUNRA yaitu dari Sanggar Riak Renteng Tingang. Acara berlangsung meriah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Kegiatan ini juga diisi dengan tanya jawab dan Ramah Tamah antara pelaku Seni dan para peserta/pengunjung.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Kalteng Rivianus Syahril Tarigan dan Kepala Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng Guntur Talajan.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook