Plt. Gubernur Lakukan Peninjauan di Loka Penelitian Sapi Potong Grati, Kab. Pasuruan.

Kontribusi dari Widia Natalia, 19 November 2020 17:17, Dibaca 82 kali.


MMCKalteng – Jawa Timur - Plt. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya didampingi Ibu Hj. Rayuhani melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten (Kab) Pasuruan, Provinsi (Prov) Jawa Timur,  Kamis (19/11/2020). Kunker Plt. Gubernur kali ini dalam rangka Peninjauan Loka Penelitian Sapi Potong Grati, Kab. Pasuruan.

Presiden Republik Indonesi (RI) Joko Widodo telah mempercayakan Kalteng sebagai program ketahanan Pangan Nasional yaitu Food Estate. Program Food Estate merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) tahun 2020 – 2024 di bawah kendali dan pengawasan langsung dari Presiden RI Joko Widodo yang menjadikan lahan eks-pengembangan lahan gambut (eks PLG) di Prov. Kalteng sebagai bagian rencana dari lokasi program pengembangan tanaman pangan untuk lumbung pangan baru di luar pulau jawa. 

(Baca Juga : Peranan Dharma Wanita Persatuan Dalam Program Penurunan Stunting Di Kalimantan Tengah)

Food Estate di Prov. Kalteng merupakan  model percontohan yang akan direplikasi di Daerah lain. Food estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan bahkan peternakan di suatu kawasan.

Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya menerangkan untuk menunjang Program Food Estate tersebut, tentunya perlu masukan-masukan, informasi serta pengetahuan terutama mengenai pengembangan sapi.

“Untuk menunjang food estate di Kalteng yang bukan hanya mencakup pertanian tetapi juga hortikultura dan peternakan. Tentunya kami perlu tambahan-tambahan informasi dan juga menggali ilmu pengetahuan tentang pengembangan sapi potong yang disertai dengan teknologi”, ucap Habib Ismail Bin Yahya.

Habib Ismail Bin Yahya mengatakan Loka Penelitian Sapi Potong Grati, Kab. Pasuruan merupakan satu-satunya peternakan sapi potong terbesar di Indonesia dan produknya sudah dikirim ke Daerah-Daerah se-Indonesia. Habib Ismail Bin Yahya mengharapkan kedepannya ada kerjasama untuk pengembangan sapi antara Peternakan sapi di Kalteng dengan Loka Penelitian Sapi Potong Grati, Kab. Pasuruan.

Plt. Gubernur juga menuturkan pengetahuan mengenai pengembangan sapi di Loka Penelitian Sapi Potong Grati, Kab. Pasuruan akan diimplementasikan di peternakan sapi di Kalteng.

“Nanti akan kami sebarkan kepada seluruh masyarakat Kalteng bagaimana cara mengelola sapi yang bagus dan juga bisa menghasilkan dengan harapan bisa mengangkat derajat ekonomi masyarakat khususnya masyarakat di Kalteng”, tutup Habib Ismail Bin Yahya.

Turut hadir mendampingi Plt. Gubernur diantaranya Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Herson B. Aden serta Kepala Perangkat Daerah terkait.(Sumber : Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov. Kalteng)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook