Plt. Gubernur Kalteng Launching Penyaluran Bantuan Sosial Terdampak Covid-19 Tahap III

Kontribusi dari Widia Natalia, 16 November 2020 12:23, Dibaca 109 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Plt. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya melakukan Launching Penyaluran Bantuan Sosial Terdampak Covid-19 Tahap III Provinsi (Prov) Kalteng, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (16/11/2020). Launching Penyaluran Bantuan Sosial Prov. Kalteng Tahap III berupa Bantuan Sosial Tunai (BST) dalam rangka penanganan dampak Bencana Non Alam Wabah Covid-19 yang dilaksanakan di Kabupaten/Kota se-Kalteng.

Pandemi Covid-19 banyak sekali menimbulkan dampak, mulai dari dampak sosial, kesehatan sampai dengan perekonomian masyarakat. Masyarakat mengalami kekurangan bahkan kehilangan Sumber Mata Pencaharian. Untuk itu Pemprov. Kalteng memberikan perhatian khusus dalam bentuk Bantuan Sosial yang bersumber dari Anggaran Pemerintah Pusat maupun dari Pemerintah Daerah.

(Baca Juga : TP-PKK Salurkan Bantuan Kepada Warga Penderita Penyakit Autoimun dan Diabetes)

Dalam sambutannya, Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya menyampaikan Bantuan sosial yang diberikan oleh Pemprov. Kalteng ini merupakan salah satu stimulus untuk mendongkrak perekonomian masyarakat Kalteng. Habib Ismail Bin Yahya menekankan kepada seluruh pelaksana penyaluran Bantuan Sosial untuk tidak main-main dalam penyalurannya.

“Jangan sampai terjadi penyalahgunaan dan keterlambatan penyaluran yang tidak perlu”, pungkas Habib Ismail Bin Yahya.

Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Prov. Kalteng yang mendapatkan bantuan sosial tunai melalui APBD Prov. Kalteng adalah sebanyak 176.299 Kepala Keluarga (KK), dengan nilai bantuan Rp. 300.000 per KK, dengan total keseluruhan sebesar Rp. 52.889.700.000. Adapun Data Penerima Bantuan Sosial ini berasal dari penerima bantuan tahap I dan tahap II. Bantuan ini disalurkan melalui PT. Bank Pembangunan Daerah Kalteng.

Habib Ismail Bin Yahya telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten/Kota, Jajaran Camat, Lurah/ Kepala Desa dan Instansi terkait lainnya bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa di berbagai pelosok Kalteng untuk secara seksama menelusuri keluarga-keluarga yang tidak mampu, yang belum mendapatkan bantuan untuk didata agar mendapatkan bantuan sosial, baik yang bersumber dari Dana APBN maupun APBD.

“Sejak awal mulai dari penyerahan bantuan sosial tahap I dan tahap II saya telah meminta agar proses pemberian Bantuan Sosial ini selalu dilaksanakan sesuai dengan Peraturan yang berlaku dan dengan dukungan pendampingan dari Aparat Penegak Hukum dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)”, tutup Plt. Gubernur Kalteng.

Turut hadir Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Herson B. Aden, Kepala Perangkat Daerah terkait serta Direktur Utama (Dirut) Bank Kalteng Yayah Diasmono.(WDY/Foto:Iksan)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook