Sebanyak 2.716 KPM di Kecamatan Arsel Terima BST Tahap 7

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 21 Oktober 2020 10:12, Dibaca 23 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mulai mencairkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 7 dari Kementerian Sosial RI (Kemensos) sebesar 300 ribu rupiah. Untuk wilayah Kecamatan Arut Selatan (Arsel) penyaluran dimulai pada tanggal 15-21 Oktober 2020 dengan jadwal sebagai berikut :

    (Baca Juga : Wakil Bupati dan Kapolres Gunung Mas Sidak Pasar, Apotik, dan Swalayan)

  • Kamis (15/10/2020) : Kelurahan Sidorejo
  • Jumat (16/10/2020) : Desa Pasir Panjang, Desa Tanjung Putri, Desa Tanjung Terantang, Desa Kumpai Batu Atas dan Desa Kumpai Batu Bawah
  • Sabtu (17/10/2020) : Kelurahan Madurejo, Desa Natai Baru dan Desa Natai Raya
  • Senin (19/10/2020) : Kelurahan Raja, Kelurahan Raja Seberang, Desa Rangda, Desa Runtu, Desa Sulung, Desa Kenambui dan Desa Umpang
  • Rabu (21/10/2020) : Kelurahan Mendawai dan Kelurahan Mendawai Seberang

BST ini diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan disalurkan melalui PT Pos Indonesia. Sebanyak 2.716 KPM di wilayah Kecamatan Arsel yang tersebar di 7 kelurahan dan 13 desa, dengan rincian sebagai berikut :

  • Kelurahan     :  Sidorejo (328 KPM), Madurejo (226 KPM), Raja (227 KPM), Raja Seberang (46 KPM), Baru (311 KPM), Mendawai (580 KPM) dan Mendawai Seberang (220 KPM)
  • Desa               :  Pasir Panjang (363 KPM), Tanjung Putri (61 KPM), Tanjung Terantang (23 KPM), Kumpai Batu Bawah (33 KPM), Kumpai Batu Atas (77 KPM), Natai Baru (28 KPM), Natai Raya (32 KPM), Rangda (14 KPM), Runtu (99 KPM), Sulung (4 KPM), Kenambui (9 KPM), dan Umpang (35 KPM)

Penyaluran BST tersebut dilaksanakan di Kantor Pos Pangkalan Bun atau di tempat yang telah ditentukan sesuai dengan jadwal. Suasana berbeda terlihat pada saat penyaluran BST, dimana pada kegiatan tersebut juga dilakukan pengawasan penyaluran BST oleh Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) untuk memastikan bahwa BST benar-benar disalurkan kepada KPM sesuai dengan ketentuan dan tidak terjadi pungli.

Satgas Saber Pungli Kabupaten Kobar melaksanakan monitoring dan evaluasi penyaluran BST di wilayah Kecamatan Arsel yaitu di Desa Pasir Panjang, Desa Natai Raya dan Desa Kumpai Batu Atas serta di kantor Kecamatan Arsel. Dalam kesempatan terpisah Camat Arut Selatan melalui Kepala Seksi Pembangunan Kesejahteraan Rakyat Tety Zainab pada Rabu (21/10/2020) mengatakan penyaluran BST Tahap 7 berjalan lancar, walaupun ada beberapa KPM yang belum mengambil BST.

“Kegiatan penyaluran berjalan lancar, tapi ada beberapa KPM yang belum mengambil BST dikarenakan KPM tidak dapat informasi jadwal, ada yang masih di tempat kerja bahkan ada KPM yang pindah alamat tanpa lapor ke RT. KPM yang mengambil BST di Kantor Pos Pangkalan Bun akan diberi waktu dengan batas tertentu. Apabila pengambilan BST lewat dari batas waktu yang telah ditentukan, maka nama KPM kemungkinan akan terblokir,” terang Tety. (kec-arsel)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook