Kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya Lantik Pengurus OSIS dan MPK Masa Bakti Tahun 2020/2021

Kontribusi dari Rikah Mustika, 07 Oktober 2020 21:38, Dibaca 328 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin melantik pengurus OSIS dan MPK periode 2020-2021. Pelantikan dilaksanakan pada hari Senin (5/10/2020) di ruang guru SMA Negeri 1 Palangka Raya. Kegiatan acara pelantikan secara luring hanya diikuti oleh unsur pimpinan, panitia dan pengurus OSIS dan MPK yang lama dan baru. Dalam hal ini, panitia kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat mengingat pada masa pandemi Covid-19 di kota Palangka Raya masih masuk zona merah. Kegiatan acara pelantikan ini juga disaksikan secara daring oleh seluruh dewan guru dan perwakilan kelas melalui zoom meet.

Dalam melaksanakan tugas-tugasnya, pengurus OSIS dan MPK diharapkan selalu berkoordinasi dengan para guru pembina. Koordinasi itu sangat penting karena mengingat bahwa organisasi ini dibentuk sebagai wadah bagi para siswa untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan yang maksimal sesuai dengan visi dan misi SMA Negeri 1 Palangka Raya. OSIS adalah wadah untuk memfasilitasi para siswa untuk belajar bertanggung jawab sesuai tugas dan fungsinya demi kepentingan sekolah dan semua siswa. OSIS juga berfungsi sebagai pendorong berkembangnya kemampuan dan kreativitas siswa secara maksimal. Selanjutnya OSIS juga berfungsi mencegah munculnya pengaruh-pengaruh negatif pada siswa. Hal ini disampaikan oleh Drs. H. Arbusin ketika menyampaikan pidato sambutannya seusai kegiatan pelantikan, Selasa (5/10/2020).

(Baca Juga : Pelatihan Surveilans Dalam Mendukung Advokasi Kesehatan Angkatan III Tahun 2020)

“Para pengurus OSIS dan MPK saya harapkan selalu berkoordinasi dengan guru pembinanya. Hal ini karena mengingat fungsi dari dibentuknya kepengurusan ini adalah untuk kemajuan para siswa di SMA Negeri 1 Palangka Raya,” katanya.


Kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya ini juga berharap para pengurus OSIS dan MPK selalu melakukan konsolidasi dalam merancang dan mengevaluasi segala kegiatan.  Pihak manajemen sekolah selalu siap menampung dan mempelajari semua usulan serta mendukung setiap kegiatan yang positif bagi para siswa dan sekolah. Pada bagian akhir sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih kepada pengurus OSIS dan MPK periode sebelumnya yang telah menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.  Beliau juga menyampaikan terima kasihnya kepada panitia pemilihan pengurus OSIS dan MPK yang telah bekerja secara maksimal walaupun pada masa ini masa pandemi Covid-19.

“Saya sampaikan terima kasih kepada pengurus OSIS dan MPK periode sebelumnya yang telah menjalankan tugasnya dengan baik,” imbuhnya.

Ketua panitia pemilihan ketua OSIS dan MPK, Riani, S. Pd. menyampaikan bahwa yang terpilih sebagai ketua OSIS adalah Dimas Bekti Wibisono siswa kelas XI MIPA 4 dan  ketua MPK adalah Reinhart Manoah siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Palangka Raya periode 2020/2021. Mereka berdua mampu meraih suara terbanyak dari calon-calon lainnya dari total suara yang masuk ke panitia. Mereka berdua ini diharapkan mampu bekerja secara maksimal demi kemajuan SMA Negeri 1 Palangka Raya

“Ketua OSIS terpilih adalah Dimas Bekti Wibisono, siswa kelas XI MIPA 4 dan ketua MPK adalah  Reinhart Manoah siswa kelas XI MIPA untuk masa bakti periode 2020/2021,” ungkapnya.


Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan ini juga menambahkan bahwa pada proses awal pemilihan ketua OSIS dan MPK tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kalaupun berbeda hanya pada saat kampanye dan pemungutan suara.

Secara singkat, proses pemilihan ketua OSIS dan MPK SMA Negeri 1 Palangka Raya tahun 2020 adalah mulai dari proses penjaringan, seleksi dan penetapan bakal calon ketua OSIS dan MPK. Berdasarkan hasil akhir seleksi, maka panitia menetapkan 7 orang siswa sebagai calon kandidat ketua OSIS. Mereka ini selanjutnya melakukan kampanye secara daring untuk menyampaikan visi dan misinya. Setelah masa kampaye berakhir maka dilanjutkan dengan pemungutan suara. Dalam pemungutan suara, panitia seleksi menggunakan aplikasi daring. Hal ini disebabkan oleh dampak pandemi Covid-19.

Beliau juga menyampaikan bahwa pada awal pemungutan suara, panitia merasa pesimis dengan jumlah pemilih yang akan terlibat dalam kegiatan ini. Rasa pesimis itu diakibatkan kegiatan pemilihan ini bersamaan dengan masa pandemi Covid-19. Namun, setelah batas waktu pemilihan berakhir, ternyata ada  960 suara pemilih yang masuk dari total sekitar 1350 suara yang ada. Hal ini menunjukan bahwa tingkat partisipasi keluarga besar SMA Negeri 1 Palangka Raya masih sangat bagus dalam pengembangan OSIS dan MPK di SMA Negeri 1 Palangka Raya.

Seusai acara pelantikan, Ketua OSIS, Dimas Bekti Wibisono dan Ketua MPK, Reinhart Manoah mengungkapkan rasa syukurnya karena sudah terpilih menjadi ketua. Mereka berdua siap bekerja sama dan akan mengembangkan organisasi ini untuk kemajuan SMA Negeri 1 Palangka Raya. (Anw-Humas)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook