Penyaluran Bansos Menggunakan Helikopter

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 23 September 2020 17:32, Dibaca 81 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah H.Sugianto Sabran menyerahkan Bantuan Sosial (Bansos) berupa bahan pokok untuk masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Seruyan Hulu dan dan Kecamatan Suling Tambun Kabupaten Seruyan. Di Kecamatan Seruyan Hulu dan dan Kecamatan Suling Tambun Kabupaten Seruyan merupakan dua Kecamatan yang mengalami keterisolasian akibat bencana banjir yang melanda beberapa hari terakhir. Ada dua Desa yang dilanda banjir yang sangat parah yaitu Desa Rantau Betung dan Tumbang Salau, ketinggian banjir rata-rata di atas kepala orang dewasa atau tingginya sekitar 3 meter lebih.

Keterisolasian di dua Kecamatan ini diakibatkan tingginya luapan air sungai dan volume hujan yang terus menerus terjadi di daerah hulu, sehingga mengakibatkan sebagian jalan-jalan utama antar Desa dan Kecamatan ditutupi tanah longsor dan batang pohon kayu yang tumbang. Kondisi alam di Kecamatan Seruyan Hulu dan Kecamatan Suling Tambun Kabupaten Seruyan masih sangat alami. Alamnya dikelilingi perbukitan dan masih banyak ditemui berbagai macam jenis pohon yang berukuran besar. Penduduknya pun masih sedikit, dari satu Desa ke Desa tetangga jaraknya pun jauh, jika ditempuh dengan jalan kaki bisa berhari-hari.

(Baca Juga : IHT Moda Daring dan Luring Awali PBM SMA Negeri 1 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021 )

Untuk menjangakau daerah yang terisolir, paket bantuan tersebut diangkut menggunakan Helikopter dukungan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Hari ini Rabu (23/9/2020) sebanyak tiga Helikopter yang diberangkatkan, dua unit Helikopter menuju Kecamatan Suling Tambun membawa Bansos sebanyak 422 sak beras dan satu unit Helikopter ke Kecamatan Seruyan Hulu membawa Bansos sebanyak 300 paket sembako dan 80 sak beras.


Paket Bansos tersebut diserahkan secara langsung ke pihak Kecamatan Suling Tambun di Tumbang Langkai, oleh perwakilan pendampingan penyaluran Bansos dari Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah dan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah dan selanjutnya diterima oleh Sekretaris Camat Tumbang Langkai dengan disaksikan oleh masyarakat, Kapolsek Tumbang Langkai, Kodim Sampit, Aparat Desa dan Kecamatan Suling Tambun. Sedangkan pada sorti kedua didampingi dari perwakilan relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) Sabaru, Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya.

Penyaluran Bansos ke Kecamatan Seruyan Hulu Kabupaten Seruyan, didampingi dari perwakilan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah dan dari Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah dengan disaksikan oleh masyarakat, BPBD Kabupaten Seruyan, Dinsos dan Disnakertrans Kabupaten Seruyan, Kapolsek Tumbang Manjul, Babinsa Koramil 1015-18 Seruyan, Satpol.PP Kabupaten Seruyan, Aparat Desa dan Kecamatan Tumbang Manjul.

Sekretaris Kecamatan Suling Tambun Amel mengatakan, ”Saya mewakili pak Camat Suling Tambun, atas nama warga masyarakat Kecamatan Suling Tambun mengucapkan banyak-banyak terima kasih tak terhingga atas bantuan sosial dari Bapak Gubernur dan semoga beliau selalu sehat wal`afiat,” ucapnya kepada Tim Publikasi dan Informasi. (Pky.23/9/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook