Patroli Udara ke Kapuas-Barsel-Jenamas-Dadahup-Pulpis

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 25 Agustus 2020 18:10, Dibaca 276 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Satgas PDB Karhutla Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan patroli udara dalam upaya pencegahan dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Wakil  Komandan Pos  Komando Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana (Satgas PDB) Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020, H.Darliansjah menjelaskan, “Pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan ini tidak akan efektif apabila hanya mengharapkan pemerintah ataupun pihak TNI/Polri, maka dari itu peran dari tokoh masyarakat, tokoh adat maupun relawan menjadi sangat penting,” ucapnya kepada Tim Informasi Publik.

Lebih lanjut H.Darliansjah menambahkan, “Hal ini tentunya menjadi catatan khusus bagi kita semua dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan agar hal ini tidak terulang lagi seperti tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya lagi.

(Baca Juga : Penerapan Protokol Kesehatan di Masjid Al-Hikmah Palangka Raya)


Selanjutnya H.Darliansjah menjelaskan lagi, "Pada Minggu (23/8/2020) di wilayah Kabupaten Barito Selatan terpantau ada tiga titik firespot dan sudah dilaksanakan water boombing di lokasi Mahajandau Kecamatan Dusun Hilir, Lokasi Karau Kuala Kecamatan Dusun Hilir dan di lokasi Telang, Kecamatan Paju Epat. Hari ini, Selasa (25/8/2020) kita arahkan heli patroli ke sana, rute yang akan dilewati heli patroli Pky-Kapuas-Barsel-Area Jenamas-Dadahup-Pulpis-Pky, untuk memantau firespot ataupun titik-titik hotspot. Dalam kegiatan heli patroli yang akan melaksanakan nanti, kita akan sertakan 2 orang dari Tim Informasi dan Publikasi Satgas PDB Provinsi yang ikut dalam patroli tersebut untuk dapat meliput dan memberikan informasi kepada publik dan menyampaikan hasilnya kepada Posko Induk,” ucapnya.


Melalui Kepala Bidang Operasi Alpius Patanan menjelaskan, “Dari patroli udara yang dilaksanakan pada sorti pertama hari ini,  tidak ada ditemukan titik firespot ataupun hotspot, menurut informasi dari Posko Satgas Karhutla Kabupaten Barito Selatan, di wilayah Barito Selatan tadi malam ada terjadi hujan yang lumayan cukup lebat," jelasnya, Selasa (25/8/2020). (Pky.25/8/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook