Kabupaten Kotim Turut Berpartisipasi Dalam Pameran Kalteng Trade Expo 2018

Kontribusi dari Rikah Mustika, 01 Oktober 2018 17:52, Dibaca 790 kali.


MMCKalteng- Pameran Kalteng Trade Expo yang digelar di area Pameran Temanggung Tilung Palangka Raya tidak hanya diikuti oleh OPD yang ada di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah saja namun juga dari kabupaten/kota, salah satunya yaitu Kabupaten Kotawaringin Timur. Produk-produk mereka tidak kalah menariknya dengan produk-produk UMKM yang ada di Palangka Raya. Selain produk kuliner yang beranekaragam, juga ada produk khas Sampit yaitu Kopi Bapinang. Kopi tersebut berasal dari Kampung Bapinang dan sudah terkenal di Nusantara.

“Produk ikan yang ada disini terdiri dari ikan-ikan kering seperti tenggiri, telang, udang papai, haruan, dll. Selain itu juga ada wadi, kandas serai, kerajinan-kerajinan unik dari rotan, dan kopi kampung/Bapinang” ungkap Yusmiati, salah satu pegawai Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kotawaringin Timur, saat sedang bertugas menjaga stand pameran, Senin (1/10).

(Baca Juga : Tjilik Riwut, Jurnalisme dan kemajuan Suku Dayak dalam 100 Tahun)

Ibu yang memiliki rambut sebahu itu mengatakan bahwa proses pembuatan yang paling lama adalah kerupuk yaitu sekitar satu minggu atau sampai kering, tergantung dengan cuaca pada saat itu.

“Produk favorit yang paling banyak diminati adalah kopi Bapinang, kandas serai, ikan asin, seluang crispy, dan keripik pare. Harga untuk setiap produkpun bermacam-macam, seperti kandas serai yang kecil harganya sekitar 30 ribu dan keripik pare harganya 13 ribu satu bungkus” jelasnya.

Beliau juga mengatakan, UKM ini merupakan kerjasama dari beberapa OPD Kabupaten Kotawaringin Timur yaitu Dinas Pertanian, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perikanan dan Kelautan, dan juga Dinas Pendapatan Keuangan dan Anggaran Daerah. (Rikah / Foto : Widia)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook