1269 Anak PAUD Meriahkan Gebyar PAUD 2017

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 18 November 2017 08:23, Dibaca 712 kali.


MMCKalteng - Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tahun 2017 yang dibuka secara langsung oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK selaku Bunda PAUD Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat SH berlangsung dengan sangat meriah, Sabtu (18/11) pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan di GOR Panunjung Tarung Kuala Kapuas itu diikuti sebanyak 1.269 Anak PAUD didampingi 207 Guru PAUD yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas. Adapun tema yang diangkat yaitu “Sorak Gembira Bersama Menuju Kapuas Ramah Anak 2018”.

(Baca Juga : Kelompok Masyarakat Pembudidaya Ikan Di Pulang Pisau Lebih Diuntungkan Dengan Sistem Bioflok)

Sebelumnya, kedatangan Bupati Kapuas beserta pejabat yang hadir saat itu disambut dengan Tarian Adat Selamat Datang dari Anak-anak Paud, pelepasan Balon Gebyar PAUD, Puisi dari anak PAUD serta penyerahan bunga.

Menurut Laporan Kepala Dinas Pendidikan Drs Ilham Anwar MPd, maksud dan tujuan diadakannya Gebyar PAUD adalah dalam rangka melaksanakan program pemerintah yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan menuju masa depan Anak Indonesia yang sehat ceria dan berakhlah mulia, maka diperlukan bagi anak-anak untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini.

Kemudian, meningkatkan partisipasi masyarakat melalui kegiatan, kreativitas, pentas seni, demonstrasi pameran, partisipasi yang dilakukan dunia usaha dalam mendukung program PAUD serta memberikan kesempatan pada anak usia dini untuk melakukan unjuk kebolehan melalui gebyar PAUD.

Kegiatan Gebyar PAUD berlangsung selama 3 hari dari tanggal 16 sampai 18 November 2017, selain Acara Puncak pada tanggal 18 November 2017 yang dimeriahkan oleh Ria Enes dengan Boneka Susan dan Motivator dari Jakarta yaitu Singgih Sasongko SIP MSi, juga dirangkaikan dengan berbagai macam lomba.

Adapun jenis lomba yang dimaksud yaitu lomba mewarnai gambar, lomba vocal solo, lomba gerak jalan dan lagu, lomba parade busana untuk Anak PAUD. Sedangkan untuk Guru PAUD yaitu lomba senam gembira dan lomba mendongen.

Bupati Kapuas menyampaikan perhatian yang begitu besar atas terselenggaranya Gebyar PAUD tersebut. Ia berharap kegiatan itu dapat berlanjut di tahun-tahun yang akan datang. Selain itu, Ben Brahim meminta kepada Camat secara berjenjang Kepala Desa dan Lurah untuk berkeliling mencari anak-anak yang belum masuk PAUD agar didorong untuk bersekolah.

“Pendidikan anak usia dini sangat penting, karena dapat membangun karakter mereka. Yang namanya karakter bisa ditentukan selain dari lahir juga bisa ditanamkan atau diberi masukan melalui pendidikan dan lingkungan,” tuturnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Ary Egahni mengatakan, tujuan kegiatan dilaksanakan untuk memberikan stimulan yang positif bagi anak-anak PAUD karena anak-anak yang berusia 0 sampai 6 tahun memerlukan kebersamaan.

Ia mengungkapkan, Gebyar PAUD merupakan wujud komitmen dari Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pendidikan bagaimana memperhatikan dengan memberikan kegembiraan untuk merangsang kogintif, afektif dan kemampuan motorik dengan kegiatan lomba yang diadakan.

Untuk itu, ia selaku Bunda PAUD menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada jajaran Dinas Pendidikan yang sudah dapat melaksanakan kegiatan dengan baik. (hmskominfo)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook