Pemprov Kalteng Menerima Bantuan Kemasyarakatan Berupa Hewan Sapi Dari Presiden

Kontribusi dari Widia Natalia, 27 Juli 2020 12:53, Dibaca 53 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) secara virtual di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Senin (27/07/2020). Rakor terkait Persiapan Penyerahan Bantuan Kemasyarakatan Presiden Republik Indonesia (RI) Berupa 1 ekor Hewan Sapi kepada setiap Provinsi diseluruh wilayah Indonesia dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1441 H/ 2020 M.

Rakor terbagi dalam 2 sesi, yakni sesi pertama pukul 09.00 WIB untuk Wilayah Indonesia Bagian Tengah dan Timur, sedangkan sesi kedua pukul 11.00 WIB untuk Wilayah Indonesa Bagian Barat.

(Baca Juga : Presiden Jokowi Tiba Di Kalimantan Tengah)

Rapat koordinasi dipimpin langsung oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Turut hadir mendampingi Kasetpres, Kepala Biro Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Kementerian Sekretariat Negara Darmastuti Nugroho, dan Kepala Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Negara Rika Kiswardani.

Sementara Sekretaris Daerah didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultural dan Perkebunan (TPHP) Prov. Kalteng Sunarti dan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Prov. Kalteng H. Syahrudin.

Kriteria pemilihan sapi sendiri diutamakan sapi berjenis peranakan ongole atau sapi lokal lainnya. Bobot sapi berkisar 800-1000 kg dan dinyatakan sehat oleh dinas kesehatan hewan serta diutamakan sapi dari peternak lokal.

Adapun kurban sapi yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi Kalteng yakni sapi berjenis limousin Simental, berusia 3,5 Tahun dengan bobot seberat 1.200 Kg. Rencananya kurban sapi ini akan diterima oleh perwakilan Masjid Aqidah di jalan Tambun Bungai, Palangka Raya.


Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng mengucapkan terimakasih kepada Presiden Jokowi atas kurban sapi yang telah diberikan.

"Kami berharap kurban ini nantinya diterima oleh masyarakat Kalteng yang benar-benar berhak untuk mendapatkannya," tutup Fahrizal.

Penyembelihan hewan kurban ditengah pandemi Tahun 1441 H/  2020 wajib memenuhi persyaratan, yakni menerapkan jaga jarak fisik (Physical distancing) meliputi pemotongan hewan kurban dilakukan di area yang memungkinkan penerapan jarak fisik. Selain itu, penyelenggaraan mengatur kepadatan di lokasi penyembelihan, mengatur jarak antara panitia pada saat melakukan pemotongan, pengulitan, pencacahan dan pengemasan serta pendistribusian daging hewan kurban dilakukan oleh panitia ke rumah mustahik.

Syarat lainnya yang harus dipenuhi yakni melaksanakan penerapan kebersihan personal panitia meliputi melakukan pengukuran suhu tubuh di setiap pintu masuk tempat penyembelihan. Selain itu,  panitia yang berada di area penyembelihan dan penanganan daging, tulang serta jeroan harus dibedakan, setiap panitia harus menggunakan masker, pakaian lengan panjang serta sarung tangan selama di area penyembelihan dan penyelenggara hendaklah selalu mengedukasi para panitia agar tidak menyentuh mata, hidung, mulut dan telinga serta sering mencuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer.

Syarat yang penerapan kebersihan lainnya yakni panitia menghindari berjabat tangan/ kontak langsung serta memperhatikan etika ketika batuk/ bersin/ meludah dan juga panitia yang berada di area penyembelihan harus segera membersihkan diri (mandi) sebelum bertemu anggota keluarga.

Terakhir, dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ditengah pandemi wajib memenuhi persyaratan  penerapan kebersihan alat, meliputi melakukan pembersihan dan disinfeksi seluruh area dan peralatan sebelum dan sesudah seluruh prosesi penyembelihan selesai dilaksanakan serta menerapkan sistem satu orang satu alat. Jika pada kondisi tertentu seorang panitia harus menggunakan alat lain maka harus dilakukan disinfeksi sebelum digunakan.(YDS/Foto:Doni)

 

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook