Menpan RB Beri Penjelasan Terkait Evaluasi SPBE

Kontribusi dari Rikah Mustika, 25 September 2018 17:16, Dibaca 811 kali.


 

MMCKalteng-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Menpan RB) menjelaskan terkait Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang digelar di Aula Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (25/9).

(Baca Juga : Sekda Kalteng Lakukan Paparan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi di Jakarta)

Kepala Bagian Administrasi dan Pelaporan  pada Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Menpan RB, Supriyanto, SE, MAP menjelaskan bahwa Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah penyelenggaraan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE. Tujuan diadakan evaluasi tersebut adalah untuk mengetahui capaian kemajuan pelaksanaan SPBE pada instansi pusat dan pemerintah daerah, memberikan saran perbaikan untuk peningkatan kualitas pelaksanaan SPBE, serta menjamin kualitas pelaksanaan evaluasi SPBE pada instansi pusat dan pemerintah daerah. Beberapa tahapan evaluasi SPBE mencakup tiga hal, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan.

Tingkat kematangan SPBE merupakan kerangka kerja yang mengukur derajat pengembangan SPBE ditinjau dari tahapan kapabilitas proses dan kapabilitas fungsi teknis SPBE. Tingkat kematangan pada kapabilitas proses mencakup  rintisan, terkelola, terstandarisasi, terintegrasi dan terukur, serta optimum. Sedangkan tingkat kematangan pada kapabilitas fungsi teknis mencakup informasi, interaksi, transaksi, kolaborasi, serta optimalisasi. Dalam penilaian indeks SPBE terdiri dari 3 poin penilaian yaitu Nilai Indeks Aspek, Nilai Indeks Domain, dan Nilai Indeks SPBE. (Rikah / Foto : Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook