RSUD Lakukan Penyuluhan Penyakit TBC

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 19 September 2018 07:58, Dibaca 407 kali.


MMCKalteng - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kapuas yang pada kesempatan itu disampaikan langsung oleh dr. Ryan Feizal melakukan penyuluhan penyakit TBC melalui Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten Kapuas dengan Frekuensi 91,4 FM, Rabu (19/9) yang lalu. Penyuluhan tersebut merupakan kegiatan rutin Promosi Kesehatan Masyarakat Rumah Sakit (PKMRS).

(Baca Juga : Pimpin Apel HUT Bhayangkara ke-73, Bupati Pulang Pisau Sampaikan Lima Instruksi Presiden RI)

Pada kesempatan itu dr. Ryan menerangkan bahwa TBC atau Tuberculosis adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TBC (Mycobakterium Tuberculosis) dan Penyakit TBC dipastikan dengan pemeriksaan dahak.

Ia juga menjelaskan bahwa TBC itu bukan penyakit keturunan, bukan karena guna - guna, juga bukan karena diracuni orang. Adapun cara penularan penyakit TBC, melalui kuman yang berterbangan di udara masuk kedalam tubuh manusia melalui pernafasan kemudian masuk ke paru-paru lalu ke sistim peredaran darah dan menyebar kebagian tubuh lainnya.

"Gejala - gejala Penyakit TBC meliputi gejala utama, batuk terus menerus dan berdahak selama 3 (tiga) minggu atau lebih, serta gejala tambahan,yaitu dahak bercampur darah, batuk berdahak, sesak nafas dan rasa nyeri dada, badan lemah, nafsu makan berkurang, berat badan turun, kurang enak badan (malaise), berkeringat malam walaupun tanpa kegiatan, demam meriang lebih dari sebulan", bebernya.

Ryan mengungkapkan lebih lanjut, untuk pencegahan penularan penyakit TBC dapat dlilakukan dengan minum obat secara teratur sampai selesai, menutup mulut saat bersin atau batuk, tidak meludah disembarang tempat, meludah di tempat yang kena sinar matahari atau di tempat yang di isi sabun atau Karbol/Lisol, jemur tempat tidur bekas penderita secara teratur, buka jendela rumah lebar-lebar agar udara masuk dan sinar matahari dapat masuk, karena kuman TBC akan mati apabila kena sinar matahari.

Ia juga mengingatkan penyakit TBC dapat diberantas dengan 3A, antara lain anjurkan hidup sehat tanpa TB, anjurkan penderita segera diperiksa, dan awasi pengobatannya. Apabila tidak berobat atau berobat namun tidak teratur atau tidak sesuai petunjuk dokter maka akan menyebabkan Tuberkulosis Resisten Obat.

"Apabila ada gejala-gejala TBC untuk segera minta bantuan ke Unit Pelayanan Kesehatan terdekat dan semua obat - obatan diberikan gratis bila berobat ke Puskesmas," pungkasnya. (hmskominfo)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook