Pj Bupati Kapuas Hadiri Upacara Pembukaan KPN 2018 Di Lebakharjo

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 14 Agustus 2018 14:23, Dibaca 4 kali.


MMCKalteng - Karang Pamitran Nasional (KPN) yang juga sekaligus Hari Pramuka Ke 57 Tahun 2018 dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo selaku yang mewakili Majelis Pembimbing Nasional  Gerakan Pramuka, dilaksanakan di Desa Pramuka Lebakharjo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang Jawa Timur (14/8) pagi.

Kegiatan Karang Pamitran Nasional dan Hari Ulang Tahun Pramuka ke 57 Tahun 2018 yang dilaksanakan mulai tanggal 13-19 Agustus 2018 diikuti sebanyak 35 orang pelatih dan pembina dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas yang tergabung dengan para delegasi Pramuka dari seluruh Indonesia dengan jumlah seluruh peserta sebanyak 4.120 orang pelatih dan Pembina Pramuka, dengan mengusung Tema  Mendidik, Membanggakan, Membahagiakan, dan dengan semboyan bersaudara, berbagi dan Berkreasi.

(Baca Juga : OPD Kapuas Siap Berkontribusi di Portal Berita Nasional Infopublik.id)

Dalam upacara pembukaan tersebut disamping dimeriahkan dengan penampilan Kolosal Garuda Nusantara yang merupakan persembahan Kwarda Jawa Timur,  juga dilaksanakan penyematan tanda penghargaan Satya Wira Madya, Lecana Melati, Lencana Dharma Bhakti, Lecana Panca Warsa, Lecana Teladan dan Penyerahan Tropy Juara Lomba Gugus Depan Unggul Tingkat Nasional Tahun 2018  dan Lomba Gugus Depan Unggul Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Tahun 2018.

Sementara itu usai mengikuti upacara Pj Bupati Kapuas Agus Pramono,S.Sos didampingi Ketua Kwarcab Kapuas Rianova,SH dan Ketua Kontingen Cabang Kapuas Dr H Suwarno Muriyat,M.Pd melihat dari dekat tempat pemondokan kontingen Kabupaten Kapuas yang ditempatkan di rumah-rumah penduduk setempat.

“Melihat ribuan Pembina dan Pelatih se Indonesia berkumpul sebagai peserta KPN, mengingatkan kembali pengalaman  saya sebagai Anggota Penggalang hingga Penegak/Pandega saat sekolah. Melalui kegiatan kepramukaan mental, spiritual, karakter, rasa persaudaraan dan kekeluargaan ditumbuhkembangkan. Harapan saya nantinya setelah peserta KPN juga studi kaji pengelolaan Kwartir, Gerakan Pramuka di Kapuas semakin menarik minat dan bakat anak maupun pemuda” kenang Agus.

Masih ditempat yang sama Rianova yang sehari-hari adalah Sekda Kabupaten Kapuas meminta seluruh Kontingen Cabang Kapuas agar senantiasa menjaga kesehatan. “Kegiatan KPN yang berlangsung selama seminggu sejak pagi hingga malam hari, agar kontingen Kapuas memelihara kesehatan, istirahat yang cukup serta nutrisi makanan terjamin. Ikutilah dengan sungguh-sungguh kegiatan KPN agar kedepan para Pembina dan Pelatih dapat meningkatkan perannya dalam Gerakan Pramuka” pinta Rianova.

Hal senada diutarakan pula H Suwarno Muriyat yang dipercaya selaku Pimpinan Kontingen. “Kontingen Kapuas berjumlah 35 Pembina dan Pelatih, 15 Andalan Cabang adalah Pusdiklatcab beserta Pelatih maupun Pembina Siaga, Penggalang dan Penegak sebagai peserta yang akan berkegiatan bersama 4.120 peserta KPN sedangkan 20 lainnya adalah para Wakil Ketua Kwarcab diantaranya H Suparman, Hj Deny Widanarni dan Mulyadi serta seluruh Andalan Cabang Kapuas. Mereka melakukan studi kaji di Lebakharjo maupun pengelolaan Kwartir di Kabupaten dan Kota Malang maupun Surabaya. Segala yang nantinya akan kami peroleh sebagai referensi pembinaan dan pengembangan peran Gerakan Pramuka di Kabupaten Kapuas” pungkas H Suwarno (Hmskominfo)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook