Pembukaan Seminar Kesehatan PTM (Penyakit Tidak Menular) Kesehatan Jiwa dan Napza

Kontribusi dari Rikah Mustika, 09 November 2017 09:52, Dibaca 1,944 kali.


MMC Kalteng - Dalam rangka hari kesehatan nasional, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan seminar kesehatan PTM kesehatan jiwa dan napza di Hotel Aquarius Boutique Palangka Raya, Kamis (9/10/2017). Acara tersebut dihadiri oleh 300 orang, perwakilan dari sekolah-sekolah di Palangka Raya, dokter terkait, beberapa perwakilan dari SOPD.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, dr. Endang Sri Lestari, M.Kes selaku ketua panitia menyampaikan dalam laporannya, tujuan dilaksanakan acara ini yairtu untuk meningkatkan pengetahuan serta memberikan informasi dan komitmen PTM, kesehatan jiwa dan napza.

(Baca Juga : Perkembangan Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 34 Orang dan Konfirmasi Baru 201 Orang)

Dalam Sambutan Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran pada acara Pembukaan yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Politik, Dr. Endang K, MM menyampaikan PTM secara global telah mendapat perhatian serius dengan masuknya penyakit tidak menular sebagai salah satu target nasional dan dunia. Hal ini didasari dengan fakta bahwa meningkatnya usia harapan hidup dan perubahan gaya hidup serta meningkatnya prevalensi obesitas, kanker, penyakit jantung, diabetes, gangguan indera dan fungsional serta penyakit kronis lainnya. Penanganan PTM memerlukan waktu yang lama dan teknologi yang mahal, sehingga memerlukan biaya yang tinggi. Dengan adanya seminar ini diharapkan akan memberikan banyak masukan sehingga upaya pencegahan dan pengendalian PTM, kesehatan jiwa dan napza di Kalimantan Tengah dapat berjalan dengan baik, melalui pelayan kesehatan primer, sekunder, tersier dan kemitraan serta pemberdayaan masyarakat sesuai visi misi Gubernur Kalimantan Tengah: Maju, Mandiri dan Adil untuk kesejahteraan segenap masyarakat menuju Kalteng BERKAH. (Rikah - Foto: Sella)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook