Penilaian Kinerja Kabupaten/ Kota Dalam Pelaksanaan Konvergensi Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi Tahun 2019

Kontribusi dari Dinkes Prov.Kalteng, 22 Agustus 2019 09:29, Dibaca 1,548 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Strategi Nasional Percepatan Pencegahan Anak Kerdil (Stunting) bertujuan untuk mempercepat pencegahan stunting dalam kerangka kebijakan dan institusi yang ada. Strategi Nasional tersebut terdiri dari 5 (lima) pilar dimana pilar ke-3 yaitu Konvergensi Program Pusat, Daerah, dan Desa bertujuan untuk memperkuat konvergensi melalui koordinasi dan konsolidasi program dan kegiatan pusat, daerah, dan desa. Untuk mencapai tujuan pilar ke-3 tersebut, Strategi Nasional memuat wewenang dan tanggung jawab Pemerintah Provinsi, yaitu sebagai berikut :

    (Baca Juga : Perkembangan Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 132 Orang dan Konfirmasi Baru 88 Orang)


  1. Memfasilitasi pembinaan, pemantauan, evaluasi, dan tindak lanjut provinsi atas kebijakan dan pelaksanaan program dan anggaran penyediaan intervensi gizi prioritas di wilayah kabupaten/kota.
  2. Memberikan fasilitas dan dukungan teknis bagi peningkatan kapasitas kabupaten/kota dalam penyelenggaraan Aksi Konvergensi/Integrasi yang efektif dan efisien.

  3. Mengoordinasikan pelibatan institusi non-pemerintah untuk mendukung Aksi Konvergensi/ Integrasi percepatan pencegahan stunting.
  4. Membantu tugas Kementerian Dalam Negeri untuk melaksanakan penilaian kinerja kabupaten/kota dalam penyelenggaraan pencegahan stunting, termasuk memberikan umpan balik serta penghargaan kepada kabupaten/kota sesuai kapasitas provinsi yang bersangkutan.

Acara ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Prov.Kalteng Fahrizal Fitri, S.Hut.,MP di dampingi oleh Danrem 102/Pjg Kol Arm Syaiful Rizal dan Kepala Dinas Kesehatan Prov.Kalteng dr. Suyuti Syamsul, MPPM di Aula Bappedalitbang Prov.Kalteng, Kamis (22/8).

Dalam hal pelaksanaan Penilaian Kinerja Kabupaten/Kota, Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri telah menerbitkan Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Kabupaten/Kota Dalam Pelaksanaan Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi. Mengacu pada Petunjuk Teknis tersebut, penilaian kinerja kabupaten/kota dilaksanakan oleh setiap provinsi dan hasil penilaian kinerja kabupaten/kota untuk tingkat provinsi diumumkan setiap pertengahan bulan Agustus. Mengacu pada Surat Menteri Dalam Negeri No 440/3334/Bangda Tanggal 19 Juli 2019 tentang Pelaksanaan Penilaian Kinerja Upaya Pencegahan dan Penurunan Stunting Terintegrasi, Provinsi Kalimantan Tengah akan melaksanakan Penilaian Kinerja Kabupaten/Kota Tahun 2019.

Tujuan pelaksanaan Penilaian Kinerja Kabupaten/Kota Tahun 2019 adalah untuk : a. Mengetahui aspek kinerja apa saja yang sudah baik atau yang masih perlu ditingkatkan dari setiap kab/kota di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah; b. Mengetahui perbandingan kinerja kab/kota dalam wilayah Provinsi Kalimantan Tengah; c. Memfasilitasi sharing pembelajaran yang dapat dimanfaatkan kab/kota dari kab/kota lain dalam wilayah provinsi (peer learning) untuk meningkatkan kualitas dan hasil pelaksanaan 8 aksi.

Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan penilaian kinerja kabupaten/kota di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019 meliputi : a. Kabupaten/kota mendapatkan umpan balik dan pembelajaran dalam upaya meningkatkan konvergensi intervensi gizi; b. Kabupaten/kota semakin termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya dalam upaya konvergensi intervensi gizi; c. Provinsi memperoleh informasi yang memadai untuk menyusun/ memperbaharui kegiatan pendampingan/ pembinaan kabupaten/kota yang lebih efektif berdasarkan kemajuan dan kebutuhan kabupaten/kota; d. Provinsi dan Kabupaten/Kota mendapat gambaran jelas untuk perbaikan perencanaan dan penganggaran tahun berikutnya.

Peserta penilaian kinerja adalah kab/kota yang termasuk dalam daftar kabupaten/kota lokasi pelaksanaan intervensi penurunan stunting terintegrasi tahun 2018 dan tahun 2019 yaitu: Kabupaten Kapuas, Kabupaten Barito Timur Dan Kabupaten Kotawaringin Timur.

Dinkes Prov.Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook