Taman Nasional Sebangau

Kontribusi dari Ahmad Saifuddin, 27 Mei 2018 12:34, Dibaca 688 kali.


MMCKalteng  - Kalimantan Tengah  punya banyak keanekaragaman flora dan fauna di Taman Nasional Sebangau yang memiliki keunikan karena merupakan ekosistem rawa gambut.

Secara administratif, Taman Nasional Sebangau masuk dalam tiga wilayah yakni Kota palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Kabupaten Pulang Pisau, sebelum didaulat menjadi taman nasioanl, Sebangau merupakan hutan produksi yang dikelola beberapa HPH. Pembalakan liar pun merajalela usai berakhirnya izin HPH di kawasan tersebut.

(Baca Juga : Kekuatan Pendidikan)

Namun kini, meski bekas kebakaran hutan masih jelas terlihat, taman nasional sebangau menjadi lokasi ekowisata terutama untuk melihat langsung satwa liar.

Di Taman Nasional Sebangau wisatawan bisa melihat satwa liar secara langsung di habitat aslinya. Beberapa satwa penghuni taman nasional  ini adalah orangutan, bekantan, beruang madu, owa-owa, burung rangkong dan monyet ekor panjang.

Ada tiga spot wisata yang terbagi di masing-masing Kota/Kabupaten. Namun yang paling mudah diakses adalah area Sungai Koran, yang terletak dekat Kota Palangka Raya. (sumber/foto:net)

Ahmad Saifuddin

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Artikel
Artikel
Artikel
Artikel
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook