Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wanita

Kontribusi dari Rikah Mustika, 25 Mei 2018 10:30, Dibaca 1,026 kali.


Puasa Ramadhan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim di dunia. Selain menahan lapar dan haus, kita juga harus menahan emosi dan juga mengelola pikiran kita agar puasa kita bisa maksimal. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti menjaga berat badan dan menurunkan kadar kolesterol, puasa Ramadhan juga bisa bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Tak perlu biaya mahal untuk perawatan, karena secara alami puasa bisa mengganti sel-sel yang rusak dengan yang baru. Berikut adalah beberapa manfaat puasa bagi kecantikan:

 

(Baca Juga : Kemenangan dalam Kompetisi)

1.      Puasa mempercepat proses regenerasi sel kulit

Saat berpuasa, kulit kita memang mengalami dehidrasi akibat kurangnya cairan yang masuk sehingga kulit mudah kusam dan kering. Hal itu menandakan sel kulit kita bergenerasi secara rutin. Dengan tambahan asupan nutrisi yang baik saat puasa, kulit akan cepat menghasilkan sel-sel baru yang akan menggantikan sel-sel yang telah rusak.

 

2.      Puasa membantu proses detoksifikasi sel-sel tubuh

Saat puasa, racun yang ada dalam tubuh dibersihkan secara bertahap dan lebih cepat dibandingkan saat tidak berpuasa. Hal itu membuat bakteri penyebab timbulnya jerawat hilang, sehingga kulit akan lebih segar, bersih, kenyal, dan lebih cerah.

 

3.      Puasa menunda proses penuaan

Saat berpuasa, organ-organ tubuh akan beristirahat sehingga menunda proses penuaan. Ditambah dengan percepatan proses regenerasi kulit dan juga detoksifikasi, akan membuat kita nampak lebih muda dan lebih percaya diri.

 

4.      Puasa mencegah iritasi kulit

Disaat kita berpuasa, kita bisa meminimalisir kontak antara kulit dengan zat berbahaya bagi tubuh. Seandainya terjadi kontak, kulit akan lebih cepat sembuh yaitu kurang dari 48 jam.

 

5.      Puasa mengatasi rasa gatal

Apabila kita mengalami gatal pada kulit, saat berpuasa terjadi pengeluaran zat yang dapat mengatasi rasa gatal tersebut. Bahkan salah satu jenis gatal yang sulit disembuhkan yaitu Urtikaria Kronis, dimana kulit mengalami kelainan sehingga muncul ruam merah, bisa lebih cepat sembuh dengan berpuasa.

 

6.      Puasa bisa menyembuhkan penyakit eksim

Eksim adalah penyakit kulit yang ditandai dengan ruam merah yang dikelilingi oleh nanah. Eksim sangatlah gatal. Apabila kita menggaruknya, eksim tersebut bertambah besar sehingga menjadi lebih parah. Salah satu manfaat puasa yaitu dapat menyembuhkan eksim, sebab terjadinya regenerasi kulit yang akan menggantikan sel-sel yang rusak dan mati.

 

Begitu banyak manfaat yang dapat kita rasakan dengan berpuasa di bulan Ramadhan ini. Tak hanya kecantikan dari luar, kita juga bisa memancarkan inner beauty kita dengan melakukan hal-hal positif seperti membaca Al Qur’an dan bersedekah. Selamat menunaikan ibadah puasa. (Rikah/net)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Artikel
Artikel
Artikel
Artikel
Artikel
Artikel
Artikel
Artikel
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook