Sejarah Singkat Terbentuknya Provinsi Kalimantan Tengah

Kontribusi dari Rikah Mustika, 23 Mei 2018 11:33, Dibaca 108 kali.


Setelah diresmikannya tiga Provinsi di Kalimantan yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan pada tanggal 1 Januari 1957, Presiden Soekarno membuat keputusan untuk menambah satu Provinsi lagi yaitu Provinsi Kalimantan Tengah. Keputusan tersebut menjadi awal peresmian kantor Persiapan Pembentukan Provinsi Kalimantan Tengah oleh Menteri Dalam Negeri.

RTA Milono selaku Gubernur menjadikan Provinsi Kalimantan Tengah sebagai tempat residen dari Departemen Dalam Negeri tanggal 23 Mei 1957, dengan keluarnya UU darurat Nomor 10 tahun 1957 tentang Pembentukan Daerah Swatantra Provinsi Kalimantan Tengah. Hal tersebut menjadi akhir dari jabatan RTA Milono sebagai Gubernur Pembentuk Kalimantan Tengah dan sekaligus penunjukan dan pengangkatan RTA Milono sebagai Gubernur Kalimantan Tengah definitif oleh Pemerintah Pusat. Dua bulan kemudian, Palangka Raya ditetapkan sebagai ibukota Kalimantan Tengah. Palangka Raya memiliki arti tempat yang suci, mulia, dan besar. Namun, Presiden Soekarno baru meresmikan dan melakukan pemancangan tiang pertama pada tanggal 17 Juli 1957.

(Baca Juga : Kerja Cerdas Motor Penggerak Kerja Prestatif)

Pada saat itu, Provinsi Kalimantan Tengah hanya memiliki 3 Kabupaten Daerah tingkat II yaitu Kabupaten Barito, Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Kotawaringin. Selanjutnya Kabupaten tersebut dimekarkan menjadi 5 Kabupaten yaitu:

1.     Kabupaten Barito Utara dengan ibukota Muara Teweh

2.     Kabupaten Barito Selatan dengan ibukota Buntok

3.     Kabupaten Kapuas

4.     Kabupaten Kotawaringin Timur dengan ibukota Sampit

5.     Kabupaten Kotawaringin Barat dengan ibukota Pangkalan Bun

Seiring berjalannya waktu, Kabupaten yang semula hanya 5 Kabupaten dimekarkan lagi menjadi 13 Kabupaten 1 Kota pada tanggal 2 Juli 2002. Delapan Kabupaten baru tersebut yaitu:

1.     Kabupaten Katingan dengan ibukota Kasongan

2.     Kabupaten Seruyan dengan ibukota Kuala Pembuang

3.     Kabupaten Sukamara dengan ibukota Sukamara

4.     Kabupaten Lamandau dengan ibukota Nanga Bulik

5.     Kabupaten Gunung Mas dengan ibukota Kuala Kurun

6.     Kabupaten Pulang Pisau dengan ibukota Pulang Pisau

7.     Kabupaten Murung Raya dengan ibukota Puruk Cahu

8.     Kabupaten Barito Timur dengan ibukota Tamiang Layang

 

Demikian sejarah singkat terbentuknya Provinsi Kalimantan Tengah. Tepat di hari ini Provinsi Kalimantan Tengah genap berusia 61 tahun. Semoga Kalimantan Tengah bisa semakin maju, sejahtera dan dapat mewujudkan visi misi Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran yaitu menuju Kalteng Berkah (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis). (Rikah/net)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook