Gubernur Kalteng Sambut Kedatangan Presiden Jokowi

Kontribusi dari Widia Natalia, 09 Juli 2020 09:04, Dibaca 101 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menyambut langsung kedatangan Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) di Bandar Udara (Bandara) Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya, Kamis (09/07/2020). Kunjungan Presiden Jokowi ke Kalteng dalam rangka meninjau lokasi Food Estate dan Posko Penanganan Covid-19 di Kalteng.

Turut hadir menyambut Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno, Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Provinsi Kalteng Brigjen Pol M Slamet Urip Widodo dan Walikota Palangka Raya Fairid Naparin.

(Baca Juga : Seleksi Calon Paskibraka Nasional 2019, Pemprov Kalteng Kirim 2 Utusan)

Rencananya Presiden Bersama rombongan akan bertolak ke Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas dan ke Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau untuk meninjau langsung lokasi Food Estate. Usai melakukan peninjauan, Presiden rencananya akan melakukan pertemuan virtual melalui video conference bersama seluruh Kepala Daerah di Bumi Tambun Bungai.

Saat mendampingi Kunjungan kerja Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo pada tanggal 11 Juni 2020, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Pusat dalam memproyeksikan Kalteng sebagai lumbung pangan Nasional. Untuk itu, Gubernur meminta semua jajaran Forkopimda dan seluruh stakeholder mendukung program Food Estate tersebut.

“Di Kalteng kita memiliki potensi pertanian, seperti di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Barito Timur. Maka itu, kita harus bangun pertanian ini menjadi lebih baik. Terima kasih, Pak Menteri atas arahannya. Pada intinya kami selaku Pemerintah Daerah siap bekerja. Ini kepercayaan yang sangat luar biasa. Jadi kita harus sambut dengan semangat. Kalimantan Tengah siap, Pak Menteri. Sebelum Bapak Presiden datang, kita harus sudah siap semua,” katanya, seperti di kutip dari Website setkab.go.id.

Sebagai informasi, Kalteng merupakan wilayah subur yang berhasil mengembangkan Padi Inbrida Varietas Unggul Baru INPARI-42 dan Padi Hibrida SUPADI. Selain padi, Provinsi ini juga berhasil memproduksi jagung untuk kebutuhan Nasional. Tahun 2015 misalnya, produksi Jagung di sana mencapai 8.940 ton Pipilan Kering dan tahun 2019 produksi jagung sebesar 71.000-118.000 Ton Pipilan Kering, naik hampir 1.000 persen.

Sedangkan untuk luas baku sawah Kalteng Tahun 2018 mencapai 186.510 Ha. Mengacu pada Ketetapan Menteri ATR/BPN Nomor: 686/SK-PG.03/XII/2019 tanggal 17 Desember 2019 Perihal Penetapan Luas Lahan Baku Sawah Nasional Tahun 2019 seluas 136.486 Ha. (Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook