Update Data Terbaru Kasus Covid-19 Di Kalteng : Sembuh 4 Orang, Terkonfirmasi Positif 13 Orang Dan 1 Orang Meninggal Dunia

Kontribusi dari Widia Natalia, 04 Juni 2020 15:32, Dibaca 11 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Berdasarkan data yang rilis tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng), jumlah kasus sembuh Covid-19 hingga Kamis (04/06/2020) Pukul 15.00 WIB telah mencapai 196 orang setelah ada penambahan sebanyak 4 orang.

Penambahan sebanyak 4 orang terjadi dalam 24 jam terakhir. 4 orang yang baru dinyatakan sembuh yakni semuanya merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat yang sebelumnya menjalani perawatan RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.

(Baca Juga : Kasus Harian Covid-19 di Kalteng, 23 Februari 2023 : Konfirmasi 0 orang dan sembuh 0 orang. Mari Terus Disiplin Prokes)

Total sebanyak 196 orang termasuk dengan 4 orang yang baru dinyatakan sembuh, masing-masing sebanyak 93 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 32 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 4 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 25 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit, RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas 7 orang, 8 orang berdasarkan hasil dari RSUD Puruk Cahu, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Ulin Bjm, 19 orang berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya, 9 orang berdasarkan hasil dari RSUD Mas Amsyar, 1 orang berdasarkan hasil dari RS Kota Palangka Raya dan 1 orang lainnya berdasarkan hasil dari RSUD Lamandau.

Kasus positif Covid-19 di Kalteng juga masih terus mengalami peningkatan. Dalam 24 jam terakhir, telah terjadi penambahan pada jumlah kasus positif sebanyak 13 orang. Terkonfirmasi positif yang baru, masing-masing 8 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya dan 5 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur.

Sebanyak 13 orang yang dilaporkan terkonfirmasi positif dalam 24 jam terakhir berada di sejumlah RS Rujukan Covid-19 yakni 8 berada di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan 5 orang lainnya berada di RSUD Murjani Sampit. Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan juga bahwa terdapat 2 orang terkonfirmasi positif Covid-19 yang sebelumnya menjalani perawatan di Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo, pindah tempat perawatan ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. Terkonfirmasi positif yang menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya bertambah sebanyak 10 orang dalam 24 jam terakhir.

Hingga saat ini total kasus positif yang dilaporkan mencapai 467 kasus positif yakni 196 orang sudah dinyatakan sembuh, 25 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 246 pasien positif yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng.

Sebanyak 246 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya menjadi 67 orang saat ini, RSSI Pangkalan Bun tersisa 48 orang, RSUD Murjani Sampit menjadi 11 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo tersisa 70 orang, RSUD Puruk Cahu tetap 6 orang, RS Siloam Palangka Raya tetap 6 orang, RSUD Mas Amsyar tetap 2 orang, RSUD Jaraga Sasameh tetap 5 orang, RSUD Pulang Pisau tetap 1 orang, RS Kota Palangka Raya tetap 8 orang, RSUD Muara Teweh tetap 1 orang, RS Bhayangkara tetap 10 orang, RSUD Lamandau tetap 8 orang, RSUD Sukamara tetap 1 orang dan RSUD TNI tetap 2 orang.

Tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng hingga saat ini dilaporkan kembali meningkat menjadi 5,4 persen. Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan terjadi peningkatan pada jumlah kasus meninggal dunia akibat Covid-19 sebanyak 1 orang sehingga jumlah pasien positif yang meninggal dunia menjadi 25 orang saat ini. Sebanyak 1 orang yang dinyatakan meninggal dunia dalam 24 jam terakhir yakni merupakan warga asal Kabupaten Kapuas yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

Sempat dilaporkan mengalami pengurangan pada hari sebelumnya, kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di Kalteng saat ini mengalami peningkatan sebanyak 4 orang dalam 24 jam terakhir sehingga menjadi 66 orang. Jumlah PDP hari kemarin dilaporkan hanya berjumlah 62 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya bertambah menjadi 19 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Kapuas bertambah menjadi 2 orang, PDP di RSUD Pulang Pisau bertambah menjadi 14 orang saat ini, PDP di RSUD Murung Raya tetap 7 orang, PDP di RSUD RSSI Pangkalan Bun bertambah menjadi 4 orang saat ini, PDP di RS Siloam Palangka Raya tetap 9 orang saat ini, PDP di RSUD Mas Amsyar tetap 2 orang, PDP di RS Bhayangkara tetap 5 orang, PDP di RSUD Murjani Sampit tetap 1 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh menjadi 1 orang saat ini, PDP di RSUD Lamandau menjadi 1 orang saat ini dan PDP di RSUD Kuala Kurun menjadi 1 orang saat ini.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 22 orang, Kabupaten Pulang Pisau 14 orang, Kabupaten Katingan 4 orang, Kabupaten Kapuas 4 orang, Kabupaten Murung Raya 9 orang, Kabupaten Gunung Mas 2 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 4 orang, Kabupaten Sukamara 1 orang, Kabupaten Barito Selatan 1 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 1 orang, Kabupaten Seruyan 2 orang, Kabupaten Barito Utara 1 orang dan Kabupaten Lamandau 1 orang.

Kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dalam 24 jam terakhir dilaporkan mengalami pengurangan sebanyak 6 orang. Jumlah ODP saat ini tersisa 188 orang.

ODP terbanyak tetap ada di Kabupaten Katingan berjumlah 68 orang. (WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook