Gubernur Kalteng Dengarkan Aspirasi Para Intelektual Dari Perguruan Tinggi Dalam Penanganan Dampak Covid-19

Kontribusi dari Widia Natalia, 06 Mei 2020 18:08, Dibaca 298 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran dan beberapa Kepala Perangkat Daerah terkait di Provinsi Kalteng, Pimpinan Perguruan Tinggi, para akademisi serta para ahli melakukan diskusi melalui Video Conference (Vidcon) dalam rangka menggali masukan-masukan dari para intelektual dalam penanganan dampak Covid-19 di Kalteng, secara khusus dampak di Perguruan Tinggi, Rabu (06/05/2020).

Diskusi ini juga menindaklanjuti Keputusan Gubernur Kalteng nomor 188.44/104/2020 tanggal 16 April 2020 tentang Perpanjangan Status Tanggap Darurat Bencana Covid-19 di Provinsi Kalteng dan perkembagan Covid-19 di Kalteng yang menimbulkan dampak sosial, ekonomi dan ketahanan pangan.

(Baca Juga : Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 22 Orang dan Konfirmasi Baru 28 Orang)

Tema yang diangkat pada diskusi tersebut yaitu "Covid-19 : Dampak sosial, Ekonomi dan Ketahanan Pangan di Daerah dan Strategi Pemulihan Pasca Pandemi Covid-19.

Pada pertemuan secara virtual tersebut, masukan yang disampaikan kepada Gubernur Kalteng selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng H. Sugianto Sabran yakni meinginkan perlu adanya himbauan dari Pemerintah Prov. Kalteng guna meningkatkan ketahanan pangan saat pandemi Covid-19 atau pasca Covid-19. Melalui himbauan tersebut diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan lahan dan pekarangan untuk kegiatan Integrasi pertanian, peternakan dan perikanan.

Selain itu, masukan lainnya yang diberikan diantaranya Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berharap ada bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Provinsi terkait beasiswa, bidikmisi dan lainnya. 

Pimpinan PTN dan PTS juga berharap pelibatan mahasiswa dalam program ketahanan pangan, khususnya pada saat pandemi Covid-19.

Selain itu, diharapkan adanya penyediaan jasa internet bagi mahasiswa yang berada di desa yang tidak terjangkau jaringan.

Terakhir, PTN dan PTS berharap bisa melaksanakan program-program sosial dari kampus. (WDY/Foto:Ega)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook